SDGs Bertujuan Menghilangkan Kemiskinan di Dunia

Jakarta,Gpriority-“Hari ini membicarakan negeri kita sekarang dan masa depan. Banyak yang berubah dalam kehidupan ini. Namun yang tidak berubah adalah tujuan dalam mensejahterakan masyarakat,” ucap Wapres Jusuf Kalla (JK) saat membuka SDGs di Fairmont Hotel pada Selasa (8/10).

Membicarakan SDGs sangat menarik. Karena point yang paling penting dalam SDGs adalah menghilangkan kemiskinan di dunia ini. ” Untuk menghilangkan kemiskinan dibutuhkan pendidikan, ekosistem, kesehatan.semua bisa tercapai jika adanya kerjasama. Maka kita hadir untuk mencapai tujuan itu. Caranya dengan melakukan kerjasama,” ucap JK.

Selain kerjasama yang dibutuhkan untuk mengurangi kemiskinan adalah pelaksanaan. Tanpa pelaksanaan semua tidak akan berjalan.

JK juga mengatakan,dalam dua tahun terakhir Kementerian PPN/Bappenas sudah melaksanakan SDGs. Hari ini bappenas akan melaksanakan ekosistem kelautan dengan berbagai hal sesuai dengan tema yang diangkat. Kenapa laut yang dibahas, karena laut sangat penting bagi Indonesia. Laut memiliki luas lebih banyak dibandingkan daratan. Luas negeri indonesia didominasi lautan sebanyak 78 persen. “Jadi lautan sangat penting bagi kita semua,” ucap JK.

Apa yang ada di laut yakni adanya kekayaan alam. Laut bisa menjadi energi dan laut juga sebagai tempat transportasi. Laut juga yang mempersatukan negeri dan mampu menghasilkan devisa melalui wisata laut.

” Karena itulah kita harus memperbaiki laut sehingga masih bisa menjadi sumber daya kehidupan. Masalah kelautan juga harus diatasi dengan kerjasama,” jelas JK.

Apa masalah kelautan yang harus diatas tentu saja polusi, dan illegal fishing. Dan ini sudah diatasi oleh pemerintah. ” Saya juga menghimbau kepada kepala daerah dan masyarakat agar menjaga biota laut,meningkatkan sumber daya masyarakat pesisir melalui hasil tangkapan ikan. Jangan merusak terumbu karang. Jangan membuang sampah dilaut. Dengan terpeliharanya laut maka ekosistem laut bisa terjaga. Dan kesejahteraan masyarakat di pesisir juga bisa meningkat pendapatannya,” tutup JK.(Hs)

Related posts