Senang melukis Sejarah dan Kaligrafi

Ditemui di Pondok Rejeki, Kotabumi Tangerang, Sholeh menuturkan perjalanan karirnya hingga menjadi pelukis seperti saat ini.

Saat sekolah dasar, Sholeh mengaku sudah hobi menggambar. Gambar-gambar yang dibuat Sholeh sangatlah bagus sehingga membuat dirinya mendapat pujian dari sang guru. Pujian yang didapatnya tidak membuat Sholeh besar kepala, dia tetaplah merendah dan terus belajar untuk mendapatkan lukisan yang lebih baik lagi.

Menginjak remaja, lukisan Sholeh bertambah bagus. Karya-karyanya pun banyak diminati orang. Sholeh yang melihat adanya peluang bisnis, menjual karya-karyanya. Dia juga menerima orderan melukis skets wajah.

“ Alhamdulillah, hasilnya bisa diberikan kepada orang tua,” tuturnya.

Lulus SMP,  Sholeh melanjutkan ke Pesantren. Sambil belajar agama, Sholeh meneruskan bakatnya tersebut. Para pengajar di pesantren tidak mempermasalahkannya, karena Sholeh menggambar setelah jam pelajaran usai.

Menginjak dewasa, Sholeh yang telah menamatkan pendidikannya di pesantren memutuskan untuk merantau di Jakarta dengan bekal lmu lukis otodidak yang ia miliki. Di Jakarta, ia tinggal di pasar seni Ancol. Selama berada di sana, ia mempertajam ilmu melukisnya dari para seniman ternama.

“ Saya berterima kasih kepada guru-guru lukis saya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Karena jasa merekalah, saya bisa menjadi seperti sekarang ini,” ucap Sholeh.

Sholeh juga bercerita awal mula dirinya tertarik membuat lukisan kaligrafi dan bertema sejarah, ketika tengah melukis di Ancol, ia dihampiri seorang kolektor seni yang memintanya dibuatkan lukisan bertemakan sejarah Indonesia. Kolektor tersebut ingin menghiasi rumahnya dengan lukisan sejarah karena lukisan itulah yang belum ada.

“ Mengenai kaligrafi, aku diminta tolong oleh pak haji yang kebetulan lewat galeri lukis yang aku tinggali. Beliau meminta aku untuk membuatkan lukisan kaligrafi untuk dipajang rumahnya. Aku pun menyanggupinya. Dan seminggu kemudian, pak haji tersebut datang kembali.  Beliau merasa puas dengan hasil lukisan yang aku buat,” ujarnya.

Pengalaman melukis bertemakan sejarah dan kaligrafi rupanya membuat dirinya tertarik untuk terus melukis sejarah dan kaligrafi.

Keputusan yang diambilnya terbilang tidak salah, pasalnya lukisan kaligrafi dan bertemakan sejarah banyak dibeli oleh orang.(HS.Foto:HS)  

   

Related posts

Leave a Comment