Sensasi Kuliner Kantin Perkantoran

Tidak hanya restoran, Kantin juga menjadi tempat favorit untuk bersantap makanan.

Saat ini orang-orang tidak hanya mencari makanan yang bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi saja tapi juga rasa yang bisa menggoyang lidah dan juga harga yang sangat terjangkau. Untuk itulah sebagian besar orang memilih menyantap kuliner di kantin yang terletak di perkantoran. Karena selain rasa dan harganya terjangkau,  makanan yang disajikan cukup bervariasi.

Berbekal alasan tersebut, penulis pun menyambangi kantin-kantin perkantoran yang layak untuk masuk edisi ini. Dan berdasarkan hasil kunjungan ada dua tempat yang layak untuk dimasukkan ke dalam rubrik kuliner edisi ini.

 Gareng Gourmet dan Bakwan Malang Seuger Kantin Pertamina Jakarta Pusat

Tujuan pertama adalah kantin yang terletak di kantor Pertamina, Jakarta Pusat. Di tempat tersebut, dua kedai yang didatangi. Yang pertama Gareng Gourmet dan kedua Bakwan Malang Seugeur. Sengaja penulis memilih kedai tersebut dikarenakan namanya yang cukup unik dan Indonesia.

Setelah memesan makanan tauto dan bakwan malang di kedua kedai tersebut, penulis memilih lokasi tempat duduk yang menghadap ke jendela. Alasannya agar bisa menikmati suasana di sekitar kantin. Tengah asyik mata memandang keluar jendela, penulis dihampiri oleh seorang wanita. Beliau memperkenalkan diri sebagai pemilik Gareng Gourmet dan Bakwan Malang Seuger.

Kesempatan ini tidak disia-siakan penulis, dengan menggunakan smartphone untuk merekam dan kamera canon d60 untuk mengambil foto, penulis pun meminta ijin untuk melakukan wawancara. Wanita yang bernama Setyowati Tanjung ini pun mengiyakannya.

Dijelaskan oleh Setyowaty Tanjung dirinya memilih lokasi di Pertamina dikarenakan letaknya yang sangat strategis, aman dan nyaman menjadi alasan kenapa dirinya memilih lokasi tersebut.

Untuk makanan yang dijual, Setyowati Tanjung menjelaskan, untuk Gareng Gourmet dirinya menjual menu makanan ayam penyet, rawon daging, rawon iga, tempe tahu, soto pekalongan (tauto), serta tahu telor. Untung bakwan malangnya, menu yang ditampilkan pangsit goreng (bakwan), pangsit rebus, baso ikan, bakso telor, mie dan tahu.

“ Untuk menambah citarasa kuliner Indonesia, makanya saya membuat menu tersebut di kedai milik saya,” tutur Setyowati Tanjung.

Lebih lanjut dikatakan oleh Setyowati, cita rasa Indonesia juga terlihat dari pemilihan nama kedai miliknya yakni Gareng Gourmet yang diambil dari tokoh pewayangan Indonesia serta Bakwan Malang Seuger yang diambil dari nama makanan khas daerah Malang, Jawa Timur.

Untuk harganya, Setyowati menjelaskan bakwan Malang dijual seporsinya Rp.20.000,-. Untuk tauto satu paketnya Rp.29.000,-, rawon daging Rp.29.000,-, rawon iga Rp.31.000, ayam penyet Rp.29.000,-, sedangkan untuk tahu telur dikenakan harga Rp.20.000,-. Harga yang cukup murah untuk sebuah kantin yang terletak di perkantoran elite.

Tengah asyik melakukan wawancara, makanan yang dipesan pun datang. Setyowati mempersilahkan penulis untuk menyantap makanan yang telah tersaji di meja makan. Yang pertama disantap oleh penulis adalah tauto pekalongan. Rasanya “maknyus” banget sampai-sampai ingin menambah lagi. Namun begitu melihat di meja masih tersedia seporsi bakso bakwan malang, penulis pun mengurungkan niat, dan beralih ke bakso bakwan malang.

Sama dengan tauto pekalongan, bakwan malang ini rasanya sangat lezat sekali. Dan membuat penulis berkeinginan untuk menambah seporsi lagi, namun dihalangi oleh perut yang sudah kekenyangan.

Setelah merasa kenyang dan merasa materi wawancara sudah cukup, penulis berpamitan kepada Setyowati untuk melanjutkan petualang kuliner berikutnya. (hs.foto:hs)

Related posts

Leave a Comment