Silatnas Mengembalikan Jatidiri Raja dan Sultan

Bertempat di Lobby lantai 2, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta Pusat, Forum Raja, Sultan, Datu dan Ratu pada selasa (11/7)menggelar konfrensi pers tentang silaturahmi nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara yang ke-V.

Acara yang akan diadakan pada 27-28 Juli 2017 di Gedung Nusantara V DPR RI ini akan mengundang seluruh raja, sultan, datu dan ratu yang ada di Indonesia serta tamu kebangsaan yang berasal dari 22 negara.  

Menurut Sekjen Badan Pengurus Pusat (BP) Silatnas, Raja Samu Samu Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu, maksud dan tujuan penyelenggaran Silatnas yang dimulai pada 7 Agustus 2009 di Istana Merdeka adalah untuk mengembalikan jati diri pada raja dan sultan di seluruh nusantara.

Lebih lanjut dikatakan oleh Samu Upu Latu, Silatnas yang digelar pada tahun ini bertujuan juga untuk melaksanakan musyawarah besar (mubes) untuk memilih sekjen BP Silatnas Raja dan Ratu Nusantara Indonesia Periode 2017-2022 serta pendeklarasian wadah tunggal  Raja Sultan Datu dan Ratu Nusantara Se-indonesia.

Samu Upu Latu juga mengatakan bahwa di acara nanti, pengunjung bisa melihat para raja, datu, sultan dan ratu serta para abdinya menggunakan pakaian khas kerajaan dimana mereka berasal.

Hari Untoro Drajat, Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, mengatakan, keberadaan Raja dan Sultan di Indonesia bisa menjadi tujuan wisata dunia. Jadi, sekarang ini yang perlu diangkat bukan hanya fisik bangunan seperti istana kerajaan, keraton, dan sebagainya yang ada di Indonesia, tetapi mendukung penuh melalui atraksi budaya. (HS.Foto:HS)

Related posts

Leave a Comment