SMSI Garda Terdepan Memerangi Hoax

Jakarta,Gpriority-Berita hoax semakin marak belakangan ini. Karena itulah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta media siber untuk turut serta dalam memerangi berita hoax dan penyebarannya demi terwujudnya pilar demokrasi.

” Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) diharapkan mampu memberikan andil yang cukup positif dan juga sehat kepada media siber yang jumlahnya mencapai 43 ribu,” ucap Rudiantara dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III SMSI di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (25/07/2018) malam.

Hadirnya SMSI menurut pria yang akrab disapa Chief RA sangatlah bagus, karena masyarakat ditengah perkembangan teknologi digital yang sedemikian cepat, tetap membutuhkan informasi yang akurat dan tepat.

“Di dunia maya (digital) dinamikanya sangat cepat. Perlu ada informasi yang akurat dan tepat untuk disampaikan ke masyarakat. Kalau tidak terkontrol bisa jadi berbahaya,” tandasnya.

Chief RA berharap, keanggotaan media yang terdaftar dalam SMSI mampu menjadi garda terdepan dalam melawan berita bohong atau yang sumbernya tidak jelas (hoax).  Sebabberita hoax yang tersebar dapat menimbulkan kegaduhan di Tanah Air.

“Tentu saja menyebarnya berita hoax membuat kebingungan. Media, khususnya media siber, punya tantangan memberantasnya dalam era demokrasi sekarang,” katanya.

Chief RA juga mengimbau agar insan pers tetap mengacu kepada UU pers nomor 40 tahun 2009 dalam menyajikan informasi yang akurat dan menarik untuk publik. (Hs)

 

Related posts

Leave a Comment