Suarakan Manfaat Vegan Untuk Semua Melalui Vegan Festival Indonesia

Jakarta,Gpriority- Tahun lalu Indonesia Vegetarian Society (IVS) dan Vegan Society of Indonesia (VSI) bekerjasama dengan International Nature Loving Asscociation(INLA) dan World Vegan Organisation (WVO) sukses menggelar Vegan Festival Indonesia. Kesuksesan tersebut melatarbelakangi IVS,VSI, INLA dan WVO untuk kembali menghadirkan Vegan Festival Indonesia di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada 19-21 Juli.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “Vegan Lifestyle, Good for All”.  Melalui tema ini, Vegan Festival 2019 ingin menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa pola makan vegan atau berbasis nabati mampu membawa kebaikan dalam semua aspek, yakni untuk kesehatan manusia, untuk kebaikan lingkungan dan planet bumi, serta untuk kebaikan hewan. Selain itu, pola makan vegan bermanfaat bagi semua kelompok usia, termasuk balita, lansia, serta ibu hamil dan menyusui.

Dari segi kesehatan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet vegan mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi resiko penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Sementara dalam hal pelestarian lingkungan, diet vegan adalah salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk menekan laju kerusakan alam. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, dengan berhenti mengonsumsi makanan berbasis hewani, seseorang mengurangi jejak karbonnya hingga 63 persen.

Karena itu, Vegan Festival Indonesia 2019 ingin lebih mempopulerkan pola makan berbasis nabati, dengan menghadirkan 40-an booth kuliner vegan dan talkshow bersama sejumlah tokoh vegan Indonesia, antara lain Kaka ‘Slank’dan Dr. Seto Mulyadi atau lebih dikenal dengan sebutan Kak Seto.

IVS tidak hanya mempromosikan pola makan vegan, tetapi juga gaya hidup ramah lingkungan secara menyeluruh. Karena itu, para tenant dilarang menggunakan styrofoam dan kantung plastik untuk membungkus makanan. Sebagai gantinya, makanan dikemas dalam boks karton yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan.

Beragam acara menarik juga akan hadir di Vegan Festival 2019  seperti:  Fashion show dengan busana/kostum dari bahan-bahan daur ulang,Atraksi Demo memasak Veganoleh Chef ICA (Indonesia Chef Association),Kompetisi Chef Vegan,Pertunjukan musik dan seni,Flash Mob oleh 300 penari INLA (International Nature Loving Association),Drama musikal oleh 200-an anak-anak Vegan,Lomba Pidato dengan Tema “Eco Environmental” (Eco Green),Festival & Parade 168 masakan Vegan,Tantangan 7 hari menjadi VEGAN bersama Annabella (Youtuber) dan Donor Darah. (Hs)

Related posts

Leave a Comment