Sula Siap Gelar Festival Maksaira 2018

Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Secara demografi berada di antara perlintasan kawasan wisata Wakatobi dan Raja Ampat, sangat ideal dikembangkan sebagai wisata bahari (marine tourism) dan wisata minat khusus atau special interest tourism untuk para peminat diving.

Menyadari potensi ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sula melalui Dinas Pariwisatanya menggelar Festival Maksaira 2018 di Pantai Wai Ipa sampai dengan Pantai Desa Bajo, Kabupaten Kepulauan Sula.

Festival sendiri seperti dijelaskan Bupati Kepulauan Sula Hendrata Theis dalam jumpa pers yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta Pusat (9/4) hanya berlangsung satu hari saja yakni pada Minggu (15/4) mulai pukul 14.00-18.00 WIT.

Dijelaskan Hendrata Theis, Festival Maksaira 2018 sebagai event atraksi wisata budaya dan bahari telah memasuki tahun ketiga dan akan dicatat sebagai pemecahan rekor MURI untuk peserta memancing ikan kerapu terbanyak yang ditargetkan diikuti sebanyak 3000 peserta di tahun 2018 ini, dimana tahun 2017 diikuti oleh 1700 peserta.

Ciri khas dari festival ini adalah kegiatan lomba mancing ikan kerapu dengan lokasi mancing di Pantai Desa Wai Ipa hingga pantai Desa Bajo.

“Upaya penciptaan Rekor Muri ini sebenarnya bukan yang pertamanya dilakukan, karena tahun 2015 penghargaan MURI pernah diraih oleh Kabupaten Kepulauan Sula untuk event membakar ikan secara bersama-sama sepanjang 15 kilometer,” kata Hendrata Thes.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan Kemenpar mengapresiasi tekad Kabupaten Kepulauan Sula yang membangun daerahnya dengan menempatkan pariwisata, industri perikanan dan pertanian berbasis wawasan dan teknologi tepat guna sebagai program utamanya. Dengan semakin meningkatknya unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) ke depan Kabupaten Kepulauan Sula ingin menjadi sebagai daerah tujuan wisata di Provinsi Maluku Utara dengan mengandalkan potensi budaya (culture), alam (nature) dan buatan manusia (man made). (Hs)

Related posts

Leave a Comment