Swiss German University (SGU) Resmikan Kampus Baru

Sebagai pelopor universitas bertaraf internasional Swiss German University (SGU) berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan standar internasional kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang bertujuan untuk menciptakan profesional  terampil dan dapat memenuhi tuntutan global.

SGU selama 17 tahun telah mempersiapkan mahasiswanya dengan keahlian, pengetahuan berkualitas internasional dan pemberian pengalaman bekerja untuk pembentukan karakter dan keterampilan berbasis industri melalui pengembangan kerjasama jaringannya dengan institusi nasional maupun internasional dengan 17 universitas yang tersebar di Jerman dan Swiss serta 250 perusahaan besar dalam dan luar negeri termasuk Siemens, Mercedes Benz, Danone, ASTRA, PT. Aerofood ACS, Indosat serta hotel ternama seperti Ritz Carlton, Intercontinental Group, dan lain sebagainya.

Mahasiswa/i program sarjana SGU diwajibkan untuk melakukan program magang selama satu tahun di dalam dan luar negeri untuk membangun network (jaringan) dunia industri di Indonesia dan Eropa pada khususnya serta memberikan exposure terhadap standar dan etiket kerja internasional.

SGU juga telah memberangkatkan sekitar 2500 mahasiswa/i untuk program international degree dan magang ke Jerman dan Swiss.

Komitmen menghadirkan pendidikan berkualitas seperti yang tertulis di atas, mendorong SGU pada 3 Mei 2017 meresmikan kampus baru bagi seluruh jajaran civitas akademika beserta mahasiswa/i program sarjana dan pasca sarjananya di The Prominence Tower, Alam Sutera, Tangerang.

Kampus baru ini direncanakan untuk jangka waktu 2-3 tahun ke depan sampai pembangunan gedung kampus permanen yang merupakan bagian dari rencana ekspansi SGU terealisasi. Peresmian kampus baru ini merupakan bentuk prioritas dan komitmen SGU dalam menghadirkan layanan pendidikan yang berkualitas dan berorientasi internasional dengan pendekatan erat kepada kebutuhan industri bagi sumber daya manusia calon generasi penerus bangsa Indonesia.

Dijelaskan Rektor SGU, Dr. rer. nat. Filiana, kampus baru ini merupakan bentuk komitmen SGU untuk memajukan pendidikan Indonesia. Lebih lanjut dikatakan oleh Filiana, SGU akan terus berdiri sebagai universitas sesuai dengan reputasi yang telah dibangun yaitu universitas yang memberikan program terobosan dimulai dari Mechatronics dan Biomedical Engineering yang pertama kali ditawarkan sejak berdiri, hingga Pharmaceutical Engineering dan Sustanainable Energy and Environment.

“Kami juga akan terus berinovasi dan berkarya untuk membentuk program – program pendidikan yang tidak hanya mengutamakan penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan tetapi juga karakter yang luhur,” tutur Filiana.

Filiana juga mengatakan, beberapa waktu lalu, tim peneliti SGU mendapatkan dana hibah penelitian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk riset di bidang teknologi, kewirausahaan dan pangan serta kesehatan. Selain itu, beberapa hasil penelitian dan proyek mahasiswa/i SGU seperti proyek entrepreneurship dan Motion Simulator for Virtual Reality juga mendapat dana hibah dan penghargaan dari Kemenristekdikti .

Keberhasilan inilah yang membuat Filiana percaya bahwa kedepannya akan banyak prestasi dan capaian yang diraih oleh mahasiswa/i maupun dosen SGU. (HS)

 

Potong Tumpeng 2

Related posts

Leave a Comment