Targetkan 15 Juta wisatawan Mancanegara di Tahun 2017

Selama dua hari (6-7 desember) Kementerian Pariwisata menggelar rapat koordinasi nasional kepariwisataan untuk yang keempat kalinya. Rapat diadakan untuk meningkatkan sinergitas semua unsur pariwisata dalam pentahelix (pelaku penopang pariwisata dalam hal ini akademisi,pebisnis,komunitas,pemerintah dan media) untuk mencapai target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara dan 265 juta wisatawan nusantara.

Nampak hadir dalam acara Menpora Imam Nahrawi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sekaligus membuka jalannya rakornas pariwisata yang ke empat. Dalam sambutannya Arief mengatakan kunci keberhasilan pembangunan pariwisata nasional tidak akan lepas dari peran serta pentahelik. Untuk itulah Arief berharap agar pentahelik dapat bekerjasama guna terwujudnya target yang dicanangkan tersebut.

Menpar juga mengatakan bahwa amanat Presiden Joko Widodo agar pertumbuhan sektor pariwisata dipercepat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional bisa segera dilaksanakan. Dengan demikian ekonomi di Indonesia semakin bertambah naik karena sektor pariwisata bisa mengangkat perekonomian suatu negara dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang banyak.

Selain memberikan sambutan, Menpar juga memberikan anugerah dalam kategori indeks kepariwisataan  Indonesia, Aspek lingkungan pendukung bisnis pariwisata, aspek tata kelola pariwisata, wisata alam dan buatan serta aspek infrastruktur. Untuk indeks kepariwisataan ada 10 daerah yang mendapatkan penghargaan yakni Kota Denpasar, Kota Surabaya, Kota Batam, Kabupaten Sleman, Kota Semarang, Kabupaten Badung, Kota Bandung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bantul. Aspek lingkungan pendukung bisnis pariwisata diraih oleh Kota Denpasar, aspek tata kelola pariwisata diraih Kota Surakarta, wisata alam dan buatan diraih Kabupaten Sukabumi serta aspek infrastruktur pariwisata diraih oleh Kota Makasar. (HS.Foto:HS)

 

 

Related posts

Leave a Comment