Targetkan Rp. 185 Miliar Dalam GOTF 2018

Jakarta,Gpriority-Sukses dalam penyelenggaraan yang pertama di bulan Mei lalu, Garuda Indonesia kembali menggelar  Garuda Indonesia Online Travel Fair Phase 2 yang  dilaksanakan mulai hari ini (24/8) hingga 30 Agustus 2018.

Berbeda dengan penyelenggaraan GOTF pada tahun-tahun sebelumnya, Citilink – anak usaha Garuda Indonesia yang bergerak di bidang LCC (Low Cost Carrier) juga turut berpartisipasi dalam pelaksanaan GOTF kali ini dengan memberikan penawaran harga yang menarik.

 Melalui pelaksanaan GOTF phase 2 ini, Garuda Indonesia yang menggandeng CIMB Niaga  sebagai bank partner menawarkan berbagai tiket perjalanan domestik dan internasional dengan harga yang menarik  melalui website: www.garuda-Indonesia.com/gotf dan Mobile App Garuda Indonesia.

 Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, Ni Wayan Giri Adyani dalam press conference yang diselenggarakan pada hari ini, Kamis (23/8) di Hard Rock Cafe Pacicific Place SCBD Sudirman, Jakarta Pusat mengapresiasi pelaksanaan online travel fair ini dan mengatakan bahwa GOTF yang dilaksanakan tersebut sejalan dengan program prioritas Kementerian Pariwisata yaitu “digital tourism” dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

 “Pemanfaatan teknologi digital dalam industri pariwisata saat ini merupakan keharusan untuk  menggaet pasar wisatawan generasi baru yang perilakunya lekat dengan teknologi digital. Penyelenggaraan GOTF ini tentunya menjadi salah satu inovasi untuk memaksimalkan pasar tersebut terlebih mengingat bahwa hingga 80 persen kunjungan wisatawan khususnya wisatawan asing menggunakan transportasi udara,” tambah  Giri Adyani.

 Sementara itu Direktur Niaga Domestik Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati mengatakan bahwa pelaksanaan GOTF phase 2 ini tidak terlepas dari upaya Garuda Indonesia untuk senantiasa mendukung pemerintah untuk memperkuat 10 destinasi unggulan. “Kami juga telah menyiapkan 5 destinasi domestik unggulan Bali, Yogyakarta, Malang, Sorong dan Tanjung Pinang. Bekerjasama dengan CIMB Niaga, Garuda Indonesia memberikan harga menarik untuk rute-rute unggulan tersebut seperti misalnya Jakarta – Bali menjadi senilai Rp. 906.000, Jakarta – Labuan Bajo senilai Rp. 1,3 juta atau Jakarta – Sorong senilai Rp. 2,3 juta” kata Nina.

 “Pada GOTF periode ini kami menargetkan penjualan sebesar Rp185 miliar, 2 juta pengunjung web dan 50 ribu downloader mobile App Garuda Indonesia. Ke depan, Garuda Indonesia akan terus mengembangkan digital distribution channel diantaranya melalui website, mobile apps, contact center, GOS dan COS,” tambah Nina.

Nina berharap GOTF yang dilaksanakan ini dapat memfasilitasi pengguna jasa untuk melaksanakan perjalanan dengan maskapai bintang 5 bersama awak kabin terbaik di dunia dengan harga yang cukup menarik.

Sementara itu Direktur Kargo dan Niaga Internasional, Sigit Muhartono mengatakan bahwa pelaksanaan GOTF ini juga merupakan upaya Garuda Indonesia  mendukung pemerintah dalam mencapai target 17 juta wisatawan mancanegara.  “Pelaksanaan GOTF ini juga dapat diakses oleh seluruh pengguna jasa di seluruh destinasi internasional. Kami juga telah menyiapkan destinasi unggulan internasional Garuda Indonesia seperti China (Beijing, Ghuangzhou dan Shanghai), India, Jepang, Korea, Singapura dan Thailand”, Sigit.

Direktur Strategy and Finance CIMB Niaga Wan Razly mengatakan, sebagai bank partner, CIMB Niaga menghadirkan solusi pembayaran melalui produk kartu kredit untuk memudahkan para traveller merencanakan perjalanan wisata mereka, khususnya melalui platform online. Hal ini juga sejalan dengan upaya perseroan untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nasabah dengan fokus pada pengembangan digital banking sesuai dengan tujuan CIMB Niaga menjadi bank digital terdepan di Indonesia.

“Kami mendukung para traveller menjelajahi beragam destinasi wisata menarik di dalam dan luar negeri. Bersama Garuda Indonesia, CIMB Niaga memberikan beragam program yang menguntungkan.”

Selama GOTF phase 2 ini, para pelanggan Garuda Indonesia yang juga merupakan pemegang kartu kredit CIMB Niaga berkesempatan untuk memperoleh tambahan diskon hingga Rp7,5 juta melalui program Happy Hour, cicilan 0% hingga 24 bulan, serta bonus hingga 10.000 miles. Selain itu, CIMB Niaga juga bekerjasama dengan Blibli.com untuk memberikan diskon hingga 70% plus cashback sampai dengan Rp400 ribu bagi para pemegang kartu yang membeli perlengkapan traveling.

Di samping itu, para pemegang kartu kredit CIMB Niaga juga akan menerima sejumlah privilege spesial tambahan, mulai dari nilai tukar mata uang asing yang sangat kompetitif, akses ke fasilitas airport lounge di berbagai bandara terkemuka, hingga asuransi perjalanan untuk menambah kenyamanan nasabah dalam bepergian. CIMB Niaga juga berkolaborasi dengan berbagai strategic partner untuk melengkapi semua kebutuhan traveling, seperti program-program menarik dari Accor Group yang menyediakan akomodasi untuk semua kalangan, paket-paket perjalanan dengan para travel agent terkemuka, serta program spesial lainnya.

“Kami berharap berbagai program menarik yang ditawarkan selama GOTF Phase 2 dapat memperluas penetrasi bisnis kartu kredit dan debit CIMB Niaga pada segmen travel, sehingga mampu berkontribusi pada peningkatan kinerja perseroan” ujar Wan Razly.

Selain mendapatkan berbagai harga terbaik untuk berlibur, para pengguna jasa yang akan menuju Bali, Ujung Pandang, Medan Labuan Bajo, Sorong, Singapura dan Hong Kong juga akan mendapatkan tambahan diskon sebesar Rp 1.000.000. Sedangkan khusus untuk rute Australia, Amsterdam, Korea, dan Jepang mendapatkan tambahan diskon sebesar Rp3.000.000.

 Pada tahun 2018 ini, Garuda Indonesia telah melaksanakan GOTF phase 1 pada Mei 2018 lalu yang berhasil memperoleh pendapatan penjualan sebesar Rp 173 miliar.

GOTF 2018 juga menggandeng beberapa mitra usaha lainnya seperti HotelSwiss-Belhotel International, Agoda, Parador Group Hotel, mitra usaha Paket Perjalanan dari Garuda Indonesia Holiday, serta mitra usaha untuk perlengkapan liburan (e-Commerce: Garudashop, Bhinneka, Blibli.com dan Shopee).

 Sebagai bagian untuk mengoptimalkan segmen pasar digital, sejak 2015 lalu, Garuda Indonesia memperkenalkan konsep “Garuda Indonesia New Digital Experience” yang merupakan  layanan digital terbaru perusahaan yang terdiri dari: website www.garuda-indonesia.com, social media channel: Facebook, Twitter, Instagram, Official Account Line, dan Youtube, serta tampilan baru untuk mobile app Garuda Indonesia.

 Diperkenalkannya konsep “Garuda Indonesia New Digital Experience” ini merupakan upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan potensi pasarnya melalui pasar e-commerce dan digital, khususnya generasi muda, melalui berbagai pengembangan platform digital yang kini dimiliki perusahaan, serta sebagai bentuk upaya peningkatan layanan kepada pengguna jasa. (HS.Foto:HS)