Wapres Jusuf Kalla: Kesenjangan Sosial Menjadi Persoalan Serius

Jakarta,Gpriority-Indonesia Development Forum 2018 yang berlangsung di Ritz Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) pada selasa (10/7).

Dalam sambutannya JK mengatakan masalah kesenjangan sosial menjadi persoalan yang sangat serius meskipun bukan menjadi masalah yang baru. ” Tercatat dalam sejarah kita pemberontakan yang terjadi di masa lampau seperti di Aceh terjadi akibat Kesenjangan sosial. Mereka merasa bahwa daerah mereka kurang diperhatikan meskipun memiliki lahan yang subur dan panorama alam yang indah,” ucap JK.

Hal inilah yang coba diantisipasi oleh pemerintah pusat pada saat ini dengan melakukan berbagai upaya agar ketimpangan bisa teratasi. Salah satu caranya dengan membuat program memajukan daerah tertinggal dan terbelakang.

Berbicara ketimpangan menurut JK juga tidak terlepas dari kemiskinan. Akibat kemiskinan sudah pasti memiliki pendidikan dan pekerjaan yang berbeda-beda sehingga tingkat ekonominya menjadi lebih rendah dibandingkan menengah dan menengah ke atas. ” Untuk itulah gubernur, bupati dan walikota harus turut serta memerangi masalah ini,” Kata JK.

JK juga mengatakan konsep awal dari otonomi agar daerah bisa bersaing dalam menarik investor sehingga menjadi kekuatan bangsa.

” Dengan adanya forum ini saya yakin Indonesia bisa maju dan mengatasi kesenjangan sosial karena peserta bisa saling berdiskusi mengenai pembangunan daerah. Sebab Pengalaman masing masing daerah perlu menjadi masukan bagi pembangunan nasional yang lebih maju lagi,”tutupnya.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment