Workshop Nasional Asdeksi Terkait Laporan Keuangan Akhir Tahun Anggaran 2019 dan Peran Kehumasan Sekretariat DPRD

Jakarta,Gpriority-Workshop Nasional penyusunan laporan keuangan akhir tahun anggaran 2019 serta peran Humas pada sekretariat dprd dalam memenuhi kebutuhan informasi publik yang digelar di Hotel Milenium Jakarta pada 12-15 Desember merupakan acara yang digelar oleh Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Asdeksi).

Acara yang dihadiri kurang lebih ratusan orang dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Asdeksi Tri Puguh Priyadi, SH, MM pada Jum’at (13/12/2019).

Tri Puguh dalam sambutannya mengatakan, “Pagi ini banyak wajah baru yang hadir, untuk itu saya mengucapkan selamat datang di Asdeksi.dan jangan kaget OPD ini berbeda dengan OPD yang dijalani.”

“Sudah sering disampaikan pada forum ini bahwa ada tiga bekal untuk menjalankan sekretariat DPRD yakni seregulasi, komunikasi, dan jangan sensi, jadi dibikin happy aja,” tambah Tri Puguh.

Tri Puguh juga mengucapkan terima kasih kepada Andi Bataralifu Direktur tentang Penataan Daerah dan Otonomi khusus yang mewakili Kemendagri. Karena beliau sangat responsif sehingga tidak ada laporan lagi anggota DPRD yang belum diambil sumpah.

Andi Bataralifu yang menjadi pembicara dalam sesi pertama menjelaskan mengenai peran serta DPRD dalam rangka ikut membangun DPRD milenail.” Itu sangat penting karena sekwan harus bisa memandu dan mengarahkan anggota DPRD,” ujar Andi.

“Pada pertemuan ini saya juga akan merefresh tentang posisi Sekwan.Kesempatan ini sangat baik sehingga harus terus dijalankan,” ucap Andi.

Andi juga mengatakan bahwa untuk menempati posisi sekwan harus memiliki persyaratan administratif dan mendapat persetujuan dari DPRD. Karena posisi Sekwan sebagai suport bagi penegakan tugas dan fungsi DPRD.
Andi juga menjelaskan tentang rencana kerja Sekwan dan juga rencana kerja DPRD serta pembuatan Perda,penetapan dan sosialiasi Perda yang dilakukan oleh DPRD.

” Hubungan Sekwan pada saat menyusun Perda adalah menyediakan tenaga ahli,sehingga mekanisme bisa berjalan dengan lancar,” tambah Andi.
Terkait dengan Posisi DPRD dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia, Andi menjelaskan merupakan pasangan sejati bagi kepala daerah baik dalam pembuatan regulasi dan kebijakan daerah lainnya.

” Kita menyadari bahwa hubungan kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah harus berjalan dengan baik. Sehingga roda pemerintahan akan berjalan dengan lancar,” tukas Andi.(Hs.Foto:Hs)

Related posts