Ziarah Ke Makam Penyebar Agama Islam di Jakarta, Syeikh Ali Al Yamani

Syeikh Ali Al Yamani merupakan tokoh penyebar agama Islam di Sunda Kelapa (Jakarta). Berkat jasa beliau banyak penduduk Sunda Kelapa yang memeluk agama Islam.

 Anda pasti bertanya-tanya siapakah Syeikh Ali Al Yamani? Menurut penuturan pihak keluarga yang diwakili oleh Ahmad Aulia Sidiq dan M Nur Sholeh Al Manshur, Syeh Ali Al Yamani adalah Ulama besar yang berasal dari Yaman. Di usia 25 tahun, Syeh Ali Al Yamani yang memiliki nama lengkap Sayyidul Quthub Zamani Imamul Wafa’ Al-Allamah Al-Arifbillah Asy-Syeikh Ali Mahmud Hamid Jalaluddin, Al-Yamani datang ke Aceh untuk mengatur strategi dakwah. Pada bulan Ramadhan 1236 hijriah yang bertepatan dengan bulan Juni 1821 masehi, Syeikh Ali Mahmud Hamid Jalaluddin tiba di Sunda Kelapa, Batavia bersama 13 muridnya yang berasal dari Yaman.

 Di Batavia, Syeikh Ali Mahmud Hamid Jalaluddin mendirikan pesantren di bilangan Rawa Bebek (Sekarang tetap bernama Rawa Bebek yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara).Di kampung tersebut Syeikh Ali Mahmud Hamid Jalaluddin mengajarkan agama islam kepada warga sekitar. Karena penampilannya yang terbilang sederhana dan budi pekertinya yang luhur, serta ketika berdakhwah menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti, membuat masyarakat Sunda Kelapa termasuk Pendiri Nadhatul Ulama (NU) KH Hasyim Ashari menjadi muridnya. Selain Sunda Kelapa, masyarakat yang berada di daerah lainnya seperti KH Holil Bangkalan, Syeikh Ahmad Zaini Dahlan, Syeikh Daud Bin Abdullah Al Fatani, Syeikh Abdus Shomad Al Palimbangi, Syeikh Ahmad Katib Kambas, Syeikh Nawawi Al Batani, Syeikh Abdul Karim Al Bantani pun turut menjadi muridnya.

 Selain warga Sunda Kelapa dan daerah-daerah yang berada di kawasan nusantara, banyak juga murid-muridnya yang berasal dari Yaman, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Cina.

 Pada Rabu 14 Mei 1913 Masehi, Syeikh Ali Mahmud Hamid Jalaluddin Atau dikenal dengan nama Syeikh Ali Al Yamani wafat. Jasad beliau dimakamkan di Kampung Rawa Bebek yang terletak di Penjaringan Jakarta Utara.

 Jasa beliau yang sangat besar bagi perkembangan agama islam di Sunda Kelapa (Jakarta) dan bumi nusantara (Indonesia) membuat makamnya dalam setiap hari didatangi oleh masyarakat dari seluruh Indonesia termasuk juga penulis.

 Nah bagi Anda yang ingin datang ke makam Syeikh Ali Al Yamani untuk berziarah, bisa menghubungi pihak keluarga di 089607280741 atau bisa langsung datang ke Jalan Rawa Bebek Rt.04./ 10 Kel Penjaringan, Kec.Penjaringan dan bertemu dengan juru kunci makam bernama Yadi dan Rozy.(hs.foto.hs)

Related posts

Leave a Comment