4 Arahan Jokowi Terkait Peta Jalan Pendidikan 2020-2035

Jakarta,gpriority-Kamis (6/4) Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas melalui telekonferensi mengenai peta jalan pendidikan untuk 2020-2035 di Istana Negara.

Dalam rapat tersebut Jokowi menyebutkan bahwa pada saat ini telah terjadi perubahan-perubahan besar di dunia ini, mulai dari disrupsi teknologi yang berdampak pada semua sektor baik penerapan otomatisasi, artificial intelligence, big data, internet of things (IoT),perubahan demografi, profil sosio-ekonomi dari populasi yang termasuk perubahan dalam pasar tenaga kerja yang lebih fleksibel, serta perubahan lingkungan dan struktural yang sangat cepat akibat Covid-19.

Guna menghadapi perubahan tersebut, Jokowi mengatakan kuncinya ada pada sektor pendidikan mulai dari PAUD hingga Perguruan Tinggi.

Terkait dengan pendidikan inilah, Jokowi menjelaskan ada beberapa penekanan yang harus diterapkan sehingga perubahan besar di dunia ini teratasi.

1. Pembentukan SDM yang unggul di masa depan. Dan menurut presiden pembentukan tersebut tidak bisa lagi berdasarkan perkembangan ilmu yang dibentuk oleh berdasarkan tren masa lalu, tapi tren masa depan. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi cara bekerja pada masa depan yang akan berbeda.

2.SDM unggul yang ingin dibangun adalah SDM berkarakter, berakhlak mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila.

3.Ada target-target yang terukur.

4.Kemampuan untuk melakukan reform tidak hanya ditentukan satu kementerian, Kemendikbud, tapi juga memerlukan dukungan komunitas pendidikan.

Guna mewujudkan itu semua Presiden meminta dukungan dari semua pihak.(Hs.Foto.dok.Setkab)

Related posts