6 Pola Asuh Agar Anak Lebih Rajin Belajar

Jakarta, GPriority.co.id – Rajin belajar merupakan suatu kebiasaan yang diharapkan orang tua terhadap anak-anaknya. Seiring perkembangan zaman dan penggunaan gadget yang tiada hentinya, saat ini salah satu keluhan yang sering diutarakan oleh orang tua adalah mengenai niat belajar anak yang semakin menurun.

Lalu, untuk meningkatkan minat anak agar lebih rajin belajar, cara atau pola asuh seperti apa yang harus diterapkan orang tua?

Untuk para orang tua, coba simak dan pahami 6 pola asuh atau kiat-kiat agar anak lebih rajin belajar yang telah kami rangkum berikut ini.

  1. Buatlah pola rutinitas yang konsisten
    Pertama, orang tua perlu untuk membuat pola rutinitas yang konsisten untuk anak-anak, serta memastikan bahwa mereka belajar pada waktu yang sama setiap harinya. Pola asuh ini juga sebagai bentuk pembiasaan disiplin dan menumbuhkan sikap tanggung jawab pada diri anak.
  2. Memberi mereka ruang belajar khusus
    Anak-anak perlu diberi ruang belajar khusus dengan lampu yang terang, agar lebih berkonsentrasi. Orang tua juga turut mendampingi mereka saat sedang belajar.
  3. Didik mereka untuk punya waktu istirahat yang cukup
    Agar meningkatkan produktivitas anak, orang tua dapat mendidik anak agar memiliki waktu istirahat atau tidur yang cukup, sebelum atau setelah belajar. Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan konsentrasi mereka saat belajar.
  4. Batasi penggunaan gadget anak
    Pembatasan gadget di zaman sekarang, sangat penting dilakukan. Karena penggunaan gadget yang berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan buruk seperti memperburuk kesehatan mata dan menjadikan anak malas belajar karena saking asyiknya bermain gadget.
  5. Menanamkan pola atau kebiasaan hidup sehat
    Makanan bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga teratur, sangat penting diterapkan untuk anak. Karena hal-hal ini dapat berdampak pada fungsi kognitif dan keberhasilan akademis anak anda.
  6. Tidak selalu lewat buku, cari cara belajar melalui media atau metode lain
    Mungkin anak-anak bosan jika harus belajar lewat buku lagi dirumah, setelah mereka seharian belajar di sekolah dengan menggunakan buku. Apabila hal ini terjadi, temukanlah alternatif atau metode lain agar anak dapat kembali semangat belajar. Misalnya saja lewat tontonan video YouTube, dengan didampingi oleh orang tua.

Foto : Vaya