Apa Itu Fase Terrible Two?

Saat anak memasuki usia dua tahun, anak mulai melempar barang, menggigit, menendang, dan menunjukkan perilaku menjengkelkan lainnya. Inilah yang disebut fase Terrible Two. Jangan khawatir, ini sangat wajar terjadi.

Anak usia dua tahun masih bersifat egosentris atau self centered. Semua berpusat pada diri sendiri sehingga anak sering melakukan hal yang tidak menyenangkan seperti sulit berkenalan, tidak ramah, dan tidak mau berbagi mainan.

Bagaimana cara mengatasi sikap anak di fase Terrible Two?
1.Tetap tenang dan bicara dengan lembut
Ketika anak sedang meluapkan emosinya melalui kemarahan atau tangisan, jangan terlalu cepat memarahinya dengan suara tinggi. Kemarahan Ibu hanya dapat menimbulkan rasa takut pada anak atau mungkin dampak psikologis dalam perkembangan anak.

2.Hindari memberi hukuman
Seperti yang Ibu ketahui, memberi hukuman pada anak berupa fisik maupun non fisik yang berlebih bukan hal yang dibenarkan. Anak yang sedang emosi, akan sulit memahami perkataan secara cepat. Sampaikan dengan penjelasan yang rasional ketika anak dan Ibu merasa lebih tenang.

3.Beri kenyamanan pada anak
Ibu dapat memeluknya untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan. Dan bisikkan, “Ibu tahu kamu sedih karena tidak bisa mendapatkan apa yang kamu mau. Ibu juga kadang merasa sedih kalau tidak bisa mendapatkan apa yang Ibu mau.”

4.Lakukan pengalihan
Jika anak termasuk tipe yang mudak dialihkan, Ibu dapat mengajaknya membaca buku bersama, bermain puzzle, menyanyi dan menari, atau lakukan permainan kesukaan anak. Ibu juga dapat melakukan ekspresi lucu dan meminta anak untuk tidak boleh tertawa.

5.Abaikan tantrum
Meskipun awalnya intensitas tantrum meningkat, ketika Ibu mengabaikan tantrum secara konsisten, lama kelamaan anak akan paham bahwa tantrum tidak efektif untuk mendapatkan perhatian Ibu dan orang di sekitarnya. Ketika tantrum sudah berakhir, jangan lupa berikan apresiasi kepada anak karena telah mampu menenangkan diri. (VIA)

Related posts