Apa Kabar Wisata Gunung Kidul?

Yogyakarta,gpriority-Selama pandemi virus corona menyerang beberapa wilayah di Indonesia, kegiatan pariwisata di Gunung Kidul Yogyakarta yang menjadi mata pencaharian terpaksa dihentikan untuk sementara, seperti Goa Pindul, Goa Kali Suci, Hutan Turunan, dan objek wisata lainnya.

Sementara itu pengelola tempat wisata Goa Pindul, Yanto mengatakan Goa Pindul terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara sejak pertengahan Maret kemarin sampai batas waktu yang ditentukan. Termasuk karyawan yang berkerja juga terpaksa dihentikan untuk sementara.

Diakui Yanto, sebelum adanya virus corona, pengunjung yang datang selama sebulan rata-rata sebanyak 30 ribu orang, namun sekarang tidak ada kegiatan sama sekali di Goa Pindul.

“Saat ini semua kegiatan ekonomi terhenti, karena sektor wisata itu menjadi unggulan otomatis pelaku usaha berhenti, perdagangan terhenti, oleh2 terhenti dan juga pendukung lainnya terhenti,” ujar Yanto saat dihubungi Gpriority (02/05/20).

Walaupun tidak ada kegiatan yang berlangsung, Goa Pindul masih tetap dijaga setiap harinya oleh petugas khusus yang berjaga, membersihakan, dan memastikan keamanannya. Selain itu semua pelaku usaha di kawasan Goa Pindul mendapatkan bantuan dari Kementrian Priwisata dan Ekonomi Kreatif dalam bentuk sembako.

Yanto berharap wabah ini segera berakhir sehingga ia dan pengelola wisata lainnya bisa memulai kegiatan wisata lagi, ia juga berharap adanya perbaikan ekonomi secara nasional dan promosi berskala besar untuk wisata Goa Pindul maupun wisata di Gunung Kidul Lainnya.(Dwi)

Related posts