Cek Fakta, Kerupuk Bikin Gembrot

Kerupuk kerap kali dijadikan sebagai makanan pendamping saat makan nasi dan mie, atau bahkan ada yang memakannya sebagai cemilan.

Sensasi renyah dan rasanya yang gurih membuat sebagian orang tak bisa lepas untuk memakannya.

Beberapa orang beranggapan bahwa mengonsumsi kerupuk tak berdampak signifikan terhadap berat badan, apalagi berat kerupuk yang sangat ringan. 

Namun faktanya beberapa ahli mengatakan bahwa mengonsumsi kerupuk justru dapat berpotensi membuat diet gagal.

Menurut ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, kerupuk bisa menjadi sumber kalori yang cukup besar bila dikonsumsi banyak dan sering.

“Ngemil kerupuk, tentunya kita tahu bahwa kerupuk tidak bernutrisi dan kandungan kalorinya cukup tinggi dari kandungan minyaknya. Terlalu banyak makan gorengan tentu saja bisa membuat anak menjadi overweight/obesitas,” ujarnya dilansir dari detikHealth.

Ia menyebutkan 100 gram kerupuk bawang setara dengan 480 kalori, kandungan ini serupa dengan 6 buah kerupuk aci ukuran kecil dengan jumlah yang sama.

Kerupuk aci 100 gram mengandung 476 kalori, 21,1 gr lemak dan 71,3 gr karbohidrat. Sementara 100 gram keripik setara dengan 550 kalori.

Jika kerupuk dimakan dengan nasi yang 100 gramnya mengandung 130 kalori, maka untuk sekali makan nasi dengan kerupuk dalam takaran masing-masing 100 gram akan memberikan tubuh sebanyak 610 kalori.

Sama halnya dengan nasi, jumlah kandungan kalori, karbohidrat, dan lemak dalam mie instan ternyata nyaris sama dengan kerupuk.

Dikutip dari berbagai sumber, mie instan kemasan 85 gram lengkap dengan bumbunya mengandung 460 kalori. Hidangan tersebut juga mengandung 18,8 gram lemak dan 66 gram karbohidrat.

Risiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk, mie instan, dan makanan tidak sehat lainnya.

Selain itu, kita juga harus mengawasi keseimbangan asupan dan aktivitas fisik per harinya, seperti olahraga yang teratur, tidak merokok, serta mengonsumsi sayur dan buah-buahan.(Dwi)

Related posts