IAI Kembali Adakan ARCH:ID 2024 dengan Tema ‘Placemaking : Tolerance’

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah 4 tahun rutin mengadakan event exhibition & conference, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) kembali adakan ARCH:ID 2024. Bekerja sama dengan PT CIS Exhibition, tahun ini event tersebut mengambil tema ‘Placemaking : Tolerance’.

“Tema ini diambil dengan fokus terhadap keharmonisan hubungan antar manusia, pengembangan kota, pelestarian alam, serta integrasi teknologi,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal IAI sekaligus Direktur Program ARCH:ID 2024, Firman Herwanto.

Event ARCH:ID 2024, akan diadakan mulai tanggal 22-25 Februari dan bertempat di ICE BSD, Tangerang. Event ini akan melibatkan arsitek dan kurator ternama. Diantaranya, seperti Ar. Yacobus Gatot S. Surajo, IAI., Ar. Nelly Daniel, IAI, dan Ar. I Ketut Dirgantara, IAI.

ARCH:ID 2024 menyajikan pameran dan konferensi kelas dunia, dengan melibatkan berbagai asosiasi arsitek di seluruh dunia. Diakui oleh Firman, ARCH:ID memiliki perbedaan dengan pameran lain, karena melibatkan para arsitek untuk mendesign booth yang ada nantinya.

“Jadi di exhibition ini ada beberapa vendor yang berkolaborasi dengan beberapa arsitek. Seperti PT Puspa dengan Muhammad Fahreza, kemudian ALCO dengan Iwan Fernandez, dan Setiyadi Sofandi dengan WIKA. Ini juga melibatkan aristek dari luar jabodetabek,” tutur Firman dalam acara press conference ARCH:ID 2024 kemarin di Aether Jakarta.

Firman juga mengatakan bahwa ARCH:ID 2024 ini akan memiliki beragam booth berkesan, dengan pameran seluas 10.000 m2.

“Ada lebih dari 300 stand pameran yang juga telah dikurasi dan akan memamerkan inovasi produk dan jasa brand lokal maupun internasional dari para produsen produk arsitektur dan bahan bangunan, serta interior design. Ini merupakan kesempatan besar untuk mengeksplorasi tren terbaru dalam arsitektur dan desain,” ujarnya.

Selain pameran, terdapat banyak program lainnya yang ditawarkan oleh ARCH:ID 2024, seperti konferensi 2 hari, ARCH:ID Talk Series, Obrolan Tuju-Tuju, dan ARCH:ID Hackathon.

Sejak tahun 2023, ARCH:ID sudah tergabung dalam aliensi arsitek di ASEAN Plus. Oleh karenanya, ARCH:ID 2024 akan turut dihadiri oleh aliansi arsitek. Beberapa antaranya dari Thailand, Filipina, juga dari Taipei.

Di tahun 2024 ini, IAI menargetkan sebanyak 17.000 pengunjung ARCH:ID 2024. Bukan hanya untuk pengunjung dengan background arsitek, ARCH:ID 2024 juga bisa dikunjungi oleh semua kalangan.

Foto : GP Nindya