Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Kulit memiliki fungsi untuk menjaga tubuh agar tetap stabil serta mengeluarkan segala macam kotoran dan zat sisa dalam tubuh. Zat sisa tersebut akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit dalam bentuk keringat.

Mengingat begitu pentingnya kulit bagi tubuh, membuat kita senantiasa menjaganya. Namun meskipun sudah dijaga dengan baik tetap saja ada penyakit kulit yang menempel di tubuh kita seperti kadas, kurap, dan panu.

“ Selain 3 jenis penyakit kulit tersebut, ada juga penyakit kulit lainnya yang harus diwaspadai dengan baik, karena dapat menjalar dan menyebar di sekitar area kita. Jika tidak cepat ditangani bisa-bisa memperparah pengidapnya,” ucap Dr.Frien Refla Syarif,Sp.KK yang dihubungi via WhatsApp pada Senin (18/10/2021)

Menurut Frien ada 3 jenis penyakit kulit yang tergolong berat dan patut diwaspadai.

Bisul

Bisul  merupakan benjolan yang muncul dari dalam kulit dan disertai rasa nyeri, berwarna kemerahan, dan berisi nanah. Bisul terjadi akibat adanya infeksi bakteri pada kulit, sehingga bakteri masuk ke pori-pori kulit dan menginfeksi akar rambut (folikel rambut).

Meskipun terbilang sederhana, bisul jika tidak segera diobati akan menimbulkan efek yang sangat parah, karena akan menimbulkan infeksi dibagian tubuh yang terkena nanah. “ Untuk itulah saat Anda terkena bisul, disarankan untuk segera berobat ke dokter atau mengkompresnya dengan air hangat,” jelas Frien.

  1. Hemangioma

Jaringan darah yang abnormal di dalam tubuh membuat  kulit Anda terkena Hemangiona. Hemangiona merupakan benjolan kemerahan yang tumbuh pada kulit, wajah, leher, kulit kepala dan dada.

Menurut Frien, Hemangioma biasanya muncul pada balita di bawah usia 2 tahun, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun juga terkena.

Terkait dengan gejalanya, Frien menjelaskan muncul gatal-gatal yang disertai benjolan kemerahan. Di usia bayi, hemangioma biasanya akan mereda dengan sendirinya, namun di usia dewasa, penyakit ini perlu diwaspadai dikarenakan jika tidak segera diobati akan menimbulkan gangguan pada penglihatan dan pernapasan.

  1. Herpes Simplex Virus

Herpes simplex merupakan penyakit yang ditandai dengan lepuhan atau luka yang terasa sakit pada bagian mulut atau bibir. Pada dasarnya, penyakit kulit ini lebih sering dialami oleh anak-anak ketimbang orang dewasa, dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua sampai tiga minggu. 

Selain lepuhan, penyakit herpes simplex ditandai dengan pusing, mual, dan gejala lain yang mirip dengan penyakit flu. Pada kasus yang parah, gejala dapat ditandai dengan kesulitan menelan, serta pembengkakan kelenjar getah bening pada beberapa area tubuh.

“Hal yang perlu diwaspadai adalah, penyakit herpes simplex ini merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menular. Penularannya sendiri dapat terjadi melalui air liur dan kontak fisik pada bagian kulit yang terbuka,” jelas Frien.

Mengingat statusnya yang cukup membahayakan, Frien menyarankan agar langsung melakukan pengobatan ke dokter spesialis kulit. (Hs.Foto.Istimewa)

Related posts