Kenali 5 Gejala Tipes

Jakarta, GPriority.co.id – Penyakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Salmonella typhi. Infeksi ini biasanya terjadi melalui makanan atau air yang terkontaminasi oleh kotoran manusia yang mengandung bakteri tersebut. Faktor risiko termasuk sanitasi yang buruk, air minum yang terkontaminasi, dan tinggal di daerah dengan tingkat tifus yang tinggi.

Gejala tipes bisa bervariasi dari ringan hingga parah, tergantung pada keparahannya. Berikut adalah lima gejala umum yang biasanya terkait dengan tipes:

1. Demam Tinggi

Salah satu gejala paling khas dari tipes adalah demam tinggi yang terus-menerus. Suhu tubuh bisa mencapai 39-40 derajat Celsius atau bahkan lebih tinggi. Demam biasanya meningkat secara bertahap selama beberapa hari dan dapat bertahan selama satu hingga dua minggu.

2. Sakit Kepala dan Nyeri Tubuh

Penderita tipes sering mengalami sakit kepala yang parah, terutama di bagian belakang kepala. Nyeri otot dan sendi juga sering terjadi, membuat penderitanya merasa lemah dan lesu.

3. Gangguan Pencernaan

Gejala pencernaan yang umum terjadi pada tipes meliputi mual, muntah, diare, atau sembelit. Penderitanya juga bisa mengalami kram perut yang parah.

4. Ruam Kulit

Sebagian kecil orang dengan tipes dapat mengalami ruam kulit ringan yang muncul pada tahap awal penyakit. Ruam biasanya berwarna merah muda dan dapat muncul di perut dan dada.

5. Pembengkakan Limpa dan Hati

Pada beberapa kasus, tipes dapat menyebabkan pembengkakan pada limpa dan hati. Ini dapat menyebabkan perut terasa nyeri atau bengkak.

Penting untuk diingat bahwa gejala tipes bisa mirip dengan penyakit lain, seperti infeksi saluran pernapasan atau infeksi virus lainnya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mencurigakan, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis. Pengobatan dini dapat membantu mencegah komplikasi serius yang terkait dengan tipes.

Penulis: Hadimas Kamal
Foto: Pinterest