Kuliner Khas Subang untuk Lebaran

Hari raya Idul Fitri selalu dihiasi dengan suka cita, semua momennya selalu memberikan kenangan yang tak terlupakan termasuk makanan khas yang selalu tersaji saat hari raya.

kebanyakan orang membeli bahkan membuat berbagai jenis makanan khas hari raya seperti kupat dengan opor ayam, rendang, kue nastar, putri salju dan lain-lain. Di Kabupaten Subang, Jawa Barat juga terdapat berbagai makanan khasnya yang dapat disajikan sebagai makanan saat lebaran.

Berikut ini beberapa makanan khas Subang yang dapat dijadikan sebagai kudapan saat Lebaran.

1. Makanan dari olahan nanas

Kabupaten Subang identik dengan dengan buah nanas. Berbagai cemilan berbahan dasar nanas dapat dengan mudah dijumpai di Subang dan cocok dijadikan sebagai kudapan saat hari raya. Seperti nastar isi selai nanas, dodol nanas, coklat nanas, keripik nanas, pie nanas, dan cake nanas.

Tak hanya lezat, variasi olahan nanas juga menyehatkan. Kandungan tryptophan dan serotonin bermanfaat untuk menghilangkan stres dan meningkatkan konsentrasi. Kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk sistem pencernaan.

2. Ikan Lapan Crispy

Makanan khas yang satu ini hanya bisa ditemukan di daerah pantura Muara, Blanakan, Kabupaten Subang. Ikan Lapan Crispy hadir dengan beragam varian rasa yang berbeda, yaitu keju, original, barbeque dan balado. Ikan Lapan Crispy ini awalnya adalah olahan ikan yang dikembangkan oleh kelompok usaha di Subang sejak tahun 2012.

3. Kerupuk Miskin

kerupuk miskin merupakan salah satu makanan khas Subang yang mudah ditemukan di Subang. Kerupuk ini memiliki ciri khas dari segi warnanya yaitu warna merah, putih, dan juga kuning. Uniknya, kerupuk ini diolah dengan cara digoreng menggunakan pasir, bukan menggunakan minyak goreng biasa.

Saat menyantapnya, kerupuk ini sangat cocok dinikmati dengan dicocol sambal pedas atau saus kacang. Sebagai teman makan ketupat dan opor ayam juga nikmat.

4. Gitrek Singkong 

Gitrek merupakan salah satu cemilan khas Subang yang berbahan dasar singkong dan ditambah campuran kencur. Ketika digigit, tekstur dari keripik ini sangat renyah dan memiliki aroma kencur. Saat ini sudah banyak varian rasa dari gitrek singkong Subang, mulai dari rasa pedas, keju, sapi panggang dan balado.

5. Gepuk Daging

Saat lebaran tiba olahan daging ayam dan daging sapi banyak dijumpai. Di Subang ada makanan khas dari olahan daging sapi yang bisa dijadikan sebagai ide untuk makanan lebaran yaitu gepuk daging.

Layaknya gepung daging pada umumnya, gepuk khas Subang memiliki citarasa legit dan manis. Selain dapat diolah sendiri, gepuk daging kuliner khas Subang ini juga bisa ditemui di resto atau warung makan, namun kini gepuk daging juga sudah dikemas secara modern, baik menggunakan plastik kedap udara maupun dengan kaleng.

6. Bubuy Hayam

Cita rasa bubuy hayam khas Subang dengan bumbu khas yang menjadi warisan turun temurun tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bubuy hayam ini hampir mirip dengan pepes, perbedaannya terletak pada teknik pengolahannya dan cara memasaknya. Yaitu sebelum diolah, ayam harus dipendam terlebih dahulu dalam bara abu selama 5-10 jam.(Dwi)

Related posts