LANGSA, Tawarkan Tempat-Tempat Wisata Menawan

Kota Langsa merupakan kotamadya yang masuk wilayah administratif Provinsi Banda Aceh. Hukum yang diterapkan di kota Langsa ini adalah hukum syariat Islam. Selain itu juga kota Langsa kaya akan perbedaan etnis dan penduduk tetap hidup dalam damai serta memiliki toleransi beragama yang kuat. Lokasi Kota Langsa sangat dekat dengan Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara, sehingga menempatkan Kota Langsa sebagai kota yang strategis dan ramai oleh imigran.

Kota Langsa berada kurang lebih 400 km dari kota Banda Aceh. Kota Langsa sebelumnya berstatus Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1991 tentang Pembentukan Kota Administratif Langsa. Kota Administratif Langsa diangkat statusnya menjadi Kota Langsa berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 tanggal 21 Juni 2001. Hari jadi Kota Langsa ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 2001.

Kota Langsa terkenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner/ makanan, dan kota wisata.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang cukup menawan di Kota Langsa yang dapat dikunjungi setiap waktu:      1.Hutan Lindung

Hutan Lindung terletak di daerah Perumnas dengan permukaan tanah yang berbukit sehingga menjadi keunikan khusus saat melihat pohon-pohon besar rimbun yang tumbuh menjulang tinggi dalam sebuah kawasan dilindungi yang menjadi paru-paru kota Langsa

2.Ujung Pusong / Ujong Blang

Desa Teulaga Tujoh (Pusong) adalah pedesaan unik dan langka di mana penduduk sehari-hari berpencaharian mayoritas nelayan. Nuansa desa pusong sangat unik mengingat Pusong ini terletak di tengah laut yang berbentuk daratan  pantai membentuk jalan melintang ke pulau lain.

Ujong Pusong adalah salah satu tempat kunjungan wisata yang akan dikembangkan, melihat penduduknya yang relejius dan bersahabat didukung oleh adanya beberapa sarana dan prasarana seperti mesjid, air bersih dan tempat mandi.

3.Taman Bambu Runcing Kota Langsa

Taman Bambu Runcing sebagai icon kota Langsa terletak di tengah Kota tepatnya di Jalan Ahmad Yani. Taman yang  sarat akan sejarah ini dibangun pada tahun 1948 saat Langsa masih menjadi ibu kota Kabupaten Aceh Timur.

4.Pelabuhan Kuala Langsa

Kawasan Kuala Langsa adalah salah satu kawasan yang sangat menjanjikan akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Langsa yang pada saat ini terus dikembangkan.

Kawasan ini juga dijadikan tempat rekreasi masyarakat dengan tersedianya fasilitas yang memadai. Pelabuhan Langsa. Bisa dimanfaatkan untuk arena memancing, juga wisata air dengan tersedianya kendaraan air juga wisata kuliner.

5.Pulau Teulaga Tujoh.

Pulau Teulaga Tujoh adalah pulau kecil yang berada tak jauh dari Pusong. Tempat ini sangat indah dan unik serta langka karena tidak ada satupun orang yang bermukim di sini karena beberapa sebab. Salah satunya adalah karena tempat ini diyakini masyarakat adalah tempat keramat.

Pulau Telaga Tujuh adalah pulau yang belum tersentuh dan masih alami dengan hutan yang hijau dan dengan hunian binatang yang ramah menyambut kedatangan pengunjung seperti monyet dan burung. Pulau ini berada di dekat Gampong Pusong Kecamatan Langsa Barat, Pulau tersebut sangat cocok menjadi tempat penelitian rekreasi alam dan menikmati matahari tenggelam.

6.Pantai Pasir Putih.

Pantai Pasir Putih merupakan hamparan pantai yang luas dan pasir yang bersih adalah salah satu daya tarik wisatawan. Hamparan pantai yang luas dan pasir yang bersih, tampak dalam gambar beberapa pohon bakau yang memperindah pantai dan dapat menahan erosi dari ombak air laut.

7.Mutiara Water Park

Mutiara Water Park terletak di daerah Perumnas dengan luas maksimal dan fasilitas memadai. Tempat ini merupakan salah satu tujuan masyarakat kota langsa saat liburan. Mutiara Water Park ini merupakan tempat rekreasi yang menyediakan kolam renang, perosotan air, drum air, flyng fox, macam ragam makanan, dan aneka hiburan dan fasilitas lainnya.

8.Kolam Renang Keumuning (Selembat)

Kolam renang ini terletak di desa Keumuning kecamatan Langsa Baroe kota Langsa. Tempat ini sangat exotis, karena letaknya diapit oleh bukit-bukit yang tinggi. Di daerah ini memberikan suasana khas yang asri dan selalu merdu dengan kicauan burung. Dan tempat ini dijadikan Bumper (bumi perkemahan) bagi anggota pramuka yang melaksanakan kegiatannya

9.Makam Ampon Chik Banta Beurdan

Pertengahan abad 17 Ampon Chik Banta Beurdan adalah seorang ulee balang untuk daerah Langsa. Dan beliau merupakan keturunan Raja yang beristrikan keturunan bangsawan.

Pada masa beliau berkuasa, beliau mendirikan sebuah mesjid yang menjadi mesjid pertama di Kota Langsa yaitu mesjid   yang terletak di Gampong Teungoh. Sangat banyak peninggalan-peninggalannya di antaranya adalah Mesjid, istana , tempat bermain anak-anak, makam-makam keramat dan lain – lain.

10.Gedung Balee juang

Gedung yang terletak di pusat kota ini di bangun pada tahun 1924, merupakan gedung kebanggaan masyarakat Kota Langsa yang masih berdiri megah dan kokoh. Hingga saat ini gedung ini digunakan sebuah instansi pemerintahan daerah. Sekilas anda dapat membayangkan kemasa lalu bahwa di kota Langsa pernah terjadi perlawanan yang sangat hebat terhadap pemerintahan kolonial.##

 

Related posts