Manfaat Olahan Biji Labu

Sesuai dengan namanya, biji labu merupakan biji-bijian pangan dari tanaman labu. Tak hanya dagingnya saja, ternyata biji labu pun dapat dikonsumsi dan kaya akan nutrisi.

Beragam kandungan ada pada biji labu, seperti protein, serat pangan, dan sejumlah nutrisi mikro yang tinggi. Zat gizi lainnya, yakni karbohidrat, kalori, vitamin B12 dan E.

Magnesium dan seng yang penting untuk organ reproduksi dan meningkatkan kualitas sperma sehingga menjadi lebih produktif. Kaya antioksidan seperti keratinoid dan vitamin E yang dapat mengurangi peradangan serta melindungi sel tubuh dari penyakit berbahaya.

Manfaat ini termasuk peningkatan kesehatan jantung, kesehatan prostat dan perlindungan terhadap kanker tertentu.

Biji labu juga menjadi sumber yang kaya triptofan, asam amino yang diubah tubuh menjadi melatonin, juga dikenal sebagai ‘hormon tidur’. Jadi kunyah segenggam biji labu beberapa jam sebelum tidur, dan Anda dapat menikmati tidur malam yang nyenyak.

Biji labu dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan sebagai camilan atau bahan makanan dan kue, salah satunya yaitu kuaci biji labu.

Cara memasaknya pun cukup mudah, siapkan bahan-bahan seperti biji labu kuning, air, dan garam.

Langkah selanjutnya, panaskan wajan, masukan air, garam dan biji labu. Aduk-aduk sampai air mengering dan biji labu jdi kuning kecoklatan, matikan api kompor, tiriskan sebentar, dan kuaci biji labu siap dihidangkan.

Selain itu, biji labu juga dapat dijadikan sebagai ramua dengan merebus bijinya. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dikonsultasikan dulu kepada dokter sesuai dengan kondisi tubuh Anda. (Dw.foto.dok.istimewa)

Related posts