Petani Porang Harap Pemkab Semarang Sediakan Bibit Unggul


Semarang,Gpriority-Petani porang di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mengharapkan pemerintah dapat membantu penyediaan bibit porang yang unggul.

Hal tersebut dikatakan salah satu pelopor penanam porang di Semarang, Sudadi saar kegiatan Ngolah pikir (Ngopi) bareng Bupati di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Minggu (28/11/2021) siang.

“Jika bibitnya bagus dan standar tanah baik, satu hectare lahan bisa panen sampai 80 ton, dengan harga sekitar Rp 12 ribu per kilogram,” katanya.

Selain itu, warga desa yang lain juga meminta dukungan pemkab terkait sertifikasi bibit porang yang dihasilkan, sehingga dapat dijual ke luar daerah dengan harga yang lebih tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mendorong dan juga mengajak para petani porang untuk terus menjamin mutu hasil panen porang dan juga harganya. Selain itu juga agar dapat menghasilkan bibit unggul untuk kelangsungan budidaya.

“Kita berupaya agar luas tanam komoditas Porang akan meningkat menjadi 200 hektar,” tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Ketahanan Pangan, Wigati Sunu menyebutkan ada 341 petani/kelompok tani yang menanam komoditas Porang pada tahun 2021. Mereka menanam di lahan seluas 162,667 hektar tersebar di 14 kecamatan. Diantaranya yang terluas di Pabelan (76 hektar), Susukan (43), Banyubiru (42) dan Bringin (38).

Selain membahas tentang porang. Bupati dihadapat para petani menuturkan bahwa Pemkab selalu mendukung untuk mengembangan komoditas lain seperti emas hijau, yang mana Dinas pertanian nantinya akan merumuskan prosedur dan tata cara yang baik. (Dw.foto.dok.Humas Jateng)

Related posts