TikTok Kembangkan Durasi Video 60 Menit, Saingi YouTube?

Jakarta, GPriority.co.id – TikTok dilaporkan mulai menguji coba durasi upload video hingga 60 menit di platform mereka.

Dilansir dari TechCrunch pada Sabtu (18/5), uji coba tersebut dilakukan secara terbatas untuk sejumlah pengguna dan TikTok tidak memiliki rencana untuk merilisnya secara luas dalam waktu dekat.

TikTok sering bereksperimen dengan durasi video yang berbeda. Pada saat diluncurkan, platform yang mempopulerkan format video pendek vertikal tersebut hanya memiliki durasi video 15 detik, kemudian diperpanjang menjadi 1 menit, 3 menit, dan kini memiliki durasi maksimal 10 menit.

Belakangan ini, TikTok diketahui menguji coba durasi video 15 menit, sementara mereka juga sempat menjajal untuk meningkatkan batas video yang dapat diupload menjadi 30 menit.

ini, platform milik ByteDance tersebut mulai menguji coba durasi video hingga 60 menit.

TikTok mengatakan bahwa mereka mendengar saran dari para konten kreator yang membutuhkan durasi video lebih panjang untuk demo memasak, tutorial kecantikan, pelajaran sekolah, sketsa komedi, dan lainnya. Video yang lebih panjang juga diyakini dapat membuka kesempatan bagi para konten kreator untuk bereksperimen dengan kontennya.

Langkah ini tampak jelas sebagai upaya TikTok untuk menjajal dominasi YouTube di segmen video panjang. Mereka juga terlihat sudah mulai menyiapkan beberapa fitur pendukung, termasuk mengizinkan format video horizontal dan dukungan full screen.

Foto: Mashable