Widya Hastuti: Srikandi Yang Perhatian dan Siap Memajukan Melawi

Setelah berhasil meraih perolehan suara terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yakni 4.333 suara, memeroleh enam kursi di legislatif dan setelah melewati mekanisme partainya, akhirnya Widya Hastuti terpilih dan ditetapkan menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat periode 2019-2024. Dalam hal ini, keberadaan kaum hawa dibidang pemerintahan (jadi menteri, Gubernur, Wali Kota, Bupati), organisasi (jadi pemimpin/ketua organisasi) termasuk dipanggung perpolitikan (ketua partai politik, ketua DPR, DPD, DPRD, dll) di Tanah Air maupun internasional semakin menunjukkan, bahwa perempuan maupun laki-laki sama-sama memunyai hak juga kesempatan menjadi pemimpin dan dipimpin.

Menyoal kepemimpinan perempuan, ada banyak catatan dan cerita yang bisa dibaca-didengar, tentang keberhasilan para kartini-kartini ini dalam berkarir juga berkarya. Salah satunya Srikandi dari Kabupaten Melawi asal Landau Leban, Kecamatan Menukung, Widya Hastuti yang dikenal masyarakat sebagai sosok yang perhatian/peduli kepada masyarakatnya juga memunyai komitmen dalam memajukan Kabupaten Melawi.

Perhatian atawa kepedulian terhadap masyarakatnya tersebut selanjutnya dapat dilihat dari kerja-kerja nyata serta kunjungan kerja yang kerap dilakukan oleh Widya selama menjadi orang nomor satu di kursi legislatif Kabupaten Melawi. Salah satunya, ketika Widya (sapaan akrabnya) bersilahturahmi ke Desa Hulu, Kecamatan Menukung pada (23/3/2020) lalu. Dalam kunjungan itu, sebagai wakil atau perpanjangan lidah/tangan rakyat, Widya dengan tekun dan seksama mendengar semua cerita, keinginan, aspirasi, harapan, mimpi termasuk kritikan-kritikan dari masyarakatnya.

Sudah barang tentu, kegiatan mendengar aspirasi termasuk kritikan secara langsung dari masyarakat ini menjadi semacam salah satu ‘jurus’ baginya dalam membenahi desa, kabupaten atau daerah yang dipimpin. Selain agar tidak berjarak atawa lebih dekat dengan masyarakatnya, kunjungan-kunjungan semacam ini juga kerap dilakukan agar bisa mendengar aspirasi dan harapan masyarakatnya langsung dalam memajukan wilayahnya serta mensejahterakan masyarakatnya.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19, ketika orang lain dan didaerah lain sibuk beradu opini tentang vaksinasi (aman, halal, baik, dan lain sebagainya), Widya dengan yakin dan memberikan contoh kepada masyarakatnya tentang pentingnya vaksinasi dalam meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh. Konkretnya, ia bersama sejumlah pejabat dan tokoh agama Kabupaten Melawi disuntik vaksin Covid-19. Meski mengaku sempat gugup ketika akan divaksinasi, akhirnya, Widya berhasil mengendalikan kegugupannya dan penyutikan dilakukan di Ruang tunggu Kantor Bupati Melawi, Selasa (2/2/2021) silam.

Bentuk perhatian dan kepedulian lainnya adalah ketika Widya meawarkan dan siap menjadikan rumah dinasnya, di Jalan Kota Baru Kilometer 3, Nanga Pinoh dijadikan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19. Selain karena rumah dinas sebagai ketua DPRD Melawi yang belum sempat ditinggali, hal tersebut dilakukannya sebagai upaya penanganan dan penanggulangan Covid-19. Dengan kata lain, penanganan dan penanggulangan termasuk upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu harus dilakukan dengan kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah pusat, daerah, swasta maupun masyarakat. Sebab, meski Covid-19 ini berdampak bagi kehidupan ekonomi, sosial, pendidikan dan kemasayarakat, jika dikerjakan secara gotong royong, pasti akan berhasil.

Dalam kesempatan ini Widya juga mengajak agar masyarakat memberikan informasi yang jujur terkait Covid-19 agar penanganannya bisa lebih cepat dan mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus dengan segera. Yang tidak kalah pentingnya, dalam kesempatan itu, Widya juga mengingatkan kalau virus Covid-19 ini bukanlah aib, namun yang terpenting bagaimana kita bisa saling menjaga dan menyelamatkan.

Terkait komitmen dalam memajukan daerahnya, tentu sebagai srikandi Melawi, Widya tentu memunyai komitmen yang kuat dan mimpi dalam membangun Kabupaten Melawi yang lebih baik dan maju. Komitmen dan mimpi dalam melengkapi serta membangun, memperbaiki infrastruktur atawa akses jalan, jembatan mulai dari jalan protokol hingga kepedalaman. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga sarana pendukung di bidang pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, kebudayaan dan sosial kemasyarakatan juga turut menjadi perhatiannya.

Tidak heran jika kemudian, Widya kerap menghadiri langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang ada di wilayahnya. Sebagai misal, pada Senin (1/2/2021) lalu, Widya menghadiri kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Pinoh Utara. Dalam kegiatan tersebut Widya ingin mendengar langsung serta aspirasi atawa keinginan dari masyarakatnya dan tetap mengawal serta mendorong pembangunan infrastruktur yang ada di daerah itu bisa segera terealisasi.

Dengan demikian, Kabupaten Melawi bisa berkembang dan maju dengan cepat serta pesat, kualitas serta daya saing manusianya juga semakin meningkat, dan yang tidak kalah pentingnya masyarakatnya menjadi semakin sejahtera juga bahagia. Semuanya itu, tentu bisa dilakukan dengan gotong royong, kerja keras dan dukungan dari semua pihak tanpa terkecuali. *** AB

Related posts