4 Efek Buruk Bila Tidak Sarapan

Jakarta, GPriority.co.id – Sarapan merupakan aktivitas makan pagi yang sering kali tidak dilakukan oleh sebagian orang. Sarapan memanglah hal yang opsional, tetapi dalam kajian kesehatan ada beberapa risiko bila Anda selalu melewatkan sarapan.

Merangkum dari berbagai situs resmi kesehatan, berikut adalah 4 efek buruk bila tidak sarapan.

1.Meningkatkan Risiko Diabetes dan Obesitas
Dilansir melalui laman resmi alodokter, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bila pasien diabetes melewatkan sarapan, kadar gula darah saat makan siang bisa naik hingga 37 persen dibandingkan jika dia rutin makan di pagi hari.

Agar gula darah tubuh tetap stabil, penderita diabetes disarankan untuk sarapan dengan makanan yang kaya akan kandungan serat, protein, dan lemak sehat. Selain itu, bila Anda melewatkan sarapan justru akan makan lebih banyak ketika jam makan siang nanti. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda untuk menurunkan berat badan yang berujung pada obesitas.

2.Meningkatkan Risiko Masalah Jantung
Menurut studi dari Universitas Harvard yang dirangkum melalui situs resmi halodoc, pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung. Para peneliti menduga bahwa bertahan dalam keadaan puasa lebih lama bisa memicu stres fisik dan membuat tubuh bekerja lebih keras, dan menyebabkan perubahan metabolisme.

3.Meningkatkan Hormon Stres atau Kortisol
Hormon stres atau kortisol membantu tubuh mengolah gula dan lemak untuk dijadikan energi. Hormon ini akan berada di tingkat tertinggi ketika jam 7 pagi.

Jika Anda melewatkan sarapan, maka hormon kortisol akan terus meningkat yang nantinya akan menyebabkan perasaan gelisah dan cemas. Untuk mengurangi risiko tersebut yaitu tidak melewatkan sarapan.

4.Menurunkan Fungsi Kognitif
Penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds United Kingdom menunjukkan hasil penelitiannya yaitu beberapa akibat yang akan terjadi pada anak bila melewati sarapan. Seperti lebih cepat lelah saat di sekolah, tidak mampu berkonsentrasi, dan kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan stimulasi kognitif.

Hal ini disebabkan kurangnya zat besi, yodium, protein akibat tidak sarapan. Kondisi ini akan mengarah pada penurunan konsentrasi, gangguan memori, hingga memperlambat kecepatan belajar anak.

Itulah 4 efek buruk bila Anda melewatkan sarapan ditinjau dari studi kesehatan. Pilihan untuk sarapan atau tidak kembali lagi kepada pribadi Anda. (Gs)

Related posts