4000 Santri Berlaga di Pospenas IX, Surakarta

Jakarta,GPriority.co.id-Sebanyak 4000 santri dan ofisial di seluruh Indonesia mengikuti event Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX di Surakarta, Jawa Tengah.

Event yang mempertemukan para santri dan santriwati tersebut terbagi menjadi beberapa cabang olahraga dan cabang seni, diantaranya lari, estafet, lompat jauh, pencak silat, senam santri, senam SKJ, tenis meja, sepak bola, lomba hadroh, pidato Bahasa inggris, pidato Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia disamping itu ada lomba kaligrafi, pembuatan video pendek bertema moderasi beragama, dan stand up comedy gaya santri.

Pospenas IX juga telah dibuka secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Ali Ramdani, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Stadion Manahan, Solo pada Rabu (23/11/2022) malam.

Menteri yang akrab di sapa Gus Yaqut berpesan agar para santri yang berlaga di ajang Pospenas IX Solo ini dengan menjaga sportifitas tinggi.“Ingat, sportifitas dan kejujuran adalah di antara sekian banyak nilai yang selama ini diajarkan para kiai dan pengasuh pesantren.” Pesan Gus dalam sambutannya.

“Ajang Pospenas ini menjadi salah satu bentuk kehadiran negara dalam meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi santri. Maka berikan yang terbaik untuk pesantren, provinsi masing-masing, dan juga Indonesia,” tambah Gus Yaqut.

Terakhir, Pospenas IX tahun 2022 ini digelar di beberapa venue di Kota Surakarta, kemudian event tersebut dilaksanakan selama 3 hari pada 23-27 November 2022.(Da)