5 Manfaat Daun Pepaya yang Baik Untuk Kesehatan

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Wikipedia

Jakarta, GPriority.co.id – Secara umum, daun pepaya memang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal, daun ini sangat baik untuk mengobati demam berdarah, mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes, serta mengatasi sembelit.

Pepaya atau carica papaya merupakan tanaman yang mudah ditemukan di negara-negara tropis. Selain buahnya yang manis, daun pepaya juga aman untuk dikonsumsi.

Meskipun rasanya pahit, daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehinggaa sering digunakan sebagai obat herbal. Ada lima manfaat daun pepaya yang perlu kamu tahu. Simak selengkapnya.

Mengatasi demam berdarah (DBD)

Dilansir dari Adodokter, salah satu manfaat daun pepaya adalah sebagai obat untuk mengatasi demam berdarah. Saat mengalami DBD, trombosit dapat berkurang dan menyebabkan beberapa gejala. Dengan mengonsumsi ekstrak daun pepaya, ini dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, sehingga mampu meringankan beberapa keluhan yang terjadi saat demam berdarah. Mengatasi sakit tenggorokan Papan merupakan kandungan dalam pepaya yang memiliki banyak manfaatnya, seperti meredakan gejala sakit tenggorokan. Menurut penelitian, obat pelega tenggorokan yang mengandung 2 miligram papain dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi permen dengan kandungan papain untuk mendapatkan manfaat dari pepaya ini. Namun, pastikan tidak mengonsumsinya melebihi dosis yang dianjurkan pada kemasan.

Mengontrol gula darah

Daun pepaya bisa menjadi obat diabetes alami. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menunjukkan, ekstrak daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan membantu menurukan kadar gula darah.

Mengonsumsi ekstrak daun pepaya akan melindungi sel penghasil insulin. Tentunya, kadar insulin dalam tubuh akan tetap stabil dan kadar gula akan terjaga.

Mengobati pegal linu

Daun pepaya juga dipercaya sebagai salah satu obat tradisional untuk mengurangi peradangan. Kandungan papain, flavonoid, dan vitamin E yang dimiliki daun pepaya ini juga membantu mengurangi peradangan yang disebabkan karena pegal linu. Menghilangkan ketombe Masalah rambut tentu juga bisa disembuhkan dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Tentunya, daun ini memiliki kaya akan sifat antijamur di dalamnya.