Besok Inacraf Reborn Resmi Digelar Hybrid di JCC

Jakarta,gpriority.co.id-Setelah absen selama 2 tahun, pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara yakni International Handicraft Trade Fair (Inacraf) ke-22 kembali digelar di Jakarta Convention Center(JCC).

Dijelaskan oleh Ketua umum BPP Asephi Muchsin Ridjan dalam press conference Inacraf 2022 yang berlangsung di Kakatua Room,JCC,Jakarta, Selasa siang (22/3/2022), hadirnya Inacraf Reborn yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi) bekerja sama dengan PT.Mediatama Binakreasi bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kerajinan lokal untuk berkompetisi di pasar internasional melalui sektor industri sebagai komoditi ekspor ke mancanegara dimana pada tahun ini lebih mengutamakan membangun kembali semangat para UKM kerajinan untuk bangkit menuju pemilihan ekonomi nasional.

“Penyelenggaraan Inacraf Reborn berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.Karena diselenggarakan secara Hybrid (online dan offline) termasuk kepatuhan terhadap CHSE dengan tetap mengutamakan aspek-aspek standar kegiatan utama yang sudah ada dan terintegrasi satu dengan lainnya melalui konsep platform baru yang dinamis, atraktif dan inovatif,” jelasnya.

Direktur Utama Mediatama Binakreasi Umi Noor Wijiati menambahkan terkait dengan penyelenggaraan Hybrid. Untuk offlinenya digelar di JCC mulai dari esok hari (23/3) hingga Minggu (27/3), sedangkan onlinenya digelar melalui platform resmi Inacraf.

Terkait dengan acaranya, Umi Noor menjelaskan ada pameran, craft forum webinar, talk show craftpreneurs, online workshop, business matching, Inacraft &Emerging Award dan beragam acara menarik lainnya.

Untuk pesertanya, Umi menjelaskan ada 722 peserta yang mengikuti Inacraf Reborn 2022. Adapun 722 peserta yang dimaksud 510 peserta individu,169 peserta binaan dinas, 43 peserta binaan BUMN serta 150 merchant stores.

Mengenai target pengunjung, Umi Noor menjelaskan bahwa target pengunjung untuk offline 50 ribu dan online 10 ribu serta total transaksi sebesar 50 Miliar rupiah untuk pameran offline dan 150 juta rupiah untuk online.

” Guna mewujudkan target tersebut, pameran yang disponsori oleh BNI telah melakukan kerja sama dengan media partner termasuk gpriority serta menggandeng Tokopedia,silversea media, loket.com dan UMKM lab&Doku sebagai online dan official registation. Tak hanya itu pihak penyelenggara juga telah menyediakan shuttle bus di beberapa titik yang menjadi official Mall Partner seperti Kuningan City Mall, Margo City Mall, Emporium Pluit Mall, Summarecon Mall Bekasi,” jelas Umi.

Umi dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan untuk tahun ini tema yang diangkat adalah ” From Smart Village to Global Market”. ” Tema ini dipilih setelah Asephi melakukan pertemuan dengan Jawa Barat yang menjadi ikon Inacraf 2022,” jelas Umi.

Mengenai siapa yang akan membuka? Umi menjelaskan Insya Allah Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Iendra Sofyan menjelaskan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kawil dan Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia PR mengaku senang dengan dipilihnya Jabar sebagai Ikon Inacraf 2022. Untuk itulah Jabar telah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari.

Terkait dengan targetnya, Iendra Sofyan menyebut target transaksi ekonomi pada Inacraft 2022 diharapkan mendekati nilai transaksi pada Inacraft 2019 yang diselenggarakan sebelum pandemi COVID-19. Iendra mengatakan, total transaksi ekonomi pada Inacraft 2019 mencapai Rp145 miliar dengan kontrak dagang sebesar 12,98 juta US dollar.

“Tentunya dengan kondisi sekarang meskipun hybrid semoga target transaksi itu bisa sama dengan tahun 2019 atau paling tidak mendekati,” ujarnya.(Hs.Foto.Hs)