Bupati Anna Hibahkan Combine Harvester Bagi Poktan

Bojonegoro, Gpriority.co.id – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menghibahkan Combine Harvester pada Kelompok Tani (Poktan) Mulyo Desa Bakalan di Dusun Tawangsari, Desa Bakalan, Kecamatan Kapas pada Jumat (24/02). Bupati Anna Mu’awanah sendiri merencanakan pada Perubahan APBD 2023 akan disiapkan puluhan Combine Harvester untuk Poktan.

Saat panen di Dusun Tawangsari, Desa Bakalan, Kecamatan Kapas tersebut, Bupati Anna mencoba langsung Combine Harvester yang dihibahkan pada Poktan Mulyo Desa Bakalan. Pada kesempatan itu Bupati menegaskan semua hal harus diprogramkan dengan baik dan dipersiapkan secara teliti, jeli, serta ada target kinerja.

“Hari ini Combine Harvester di kelompok tani. Karena rupanya ada ekosistem baru di dalam penyewaan alsintan (alat dan mesin pertanian). Ini bukan zaman ngarit. Jadi kalau sudah runduk waktunya panen, rebut-rebutan penyewaan alat Combine,” ujarnya seperti dikutip dari laman Pemkab.

Karenanya Bupati bersama pihak terkait terus mencari solusi. Sehingga direncanakan pada Perubahan APBD 2023 akan disiapkan puluhan Combine Harvester untuk poktan. Dhihimbaunya pula untuk mendahulukan anggota Poktan lebih dulu agar tidak tertekan dengan para tengkulak. “Mudah-mudahan ada manfaat hasil guna dan senantiasa berkolaborasi pembangunan ketahanan pangan,” ucap Bupati.

Sebagai informasi, Poktan Mulyo menjadi salah satu penerima hibah alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa Combine Harvester pada 2022. Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro Helmy Elisabeth, Combine Harvester sangat ditunggu-tunggu karena dalam proses pasca panen, petani harus menyewa dari luar dan harga sewa cukup mahal.

Hadir dalam kegiatan Panen Padi Kepala Dinas PU SDA, instansi vertikal Bulog, Perpadi dan BPS, forkopimcam, Camat Kapas, petani Desa Bakalan dan Desa Klampok, serta kepala desa se-Kecamatan Kapas. (cs/nn/ps)