Cara Menanam Pohon Pule dan Khasiatnya

Pohon pule dengan nama ilmiah Alstonia scholaris adalah tanaman yang  memiliki batang keras dan umumnya digunakan untuk pembuatan alat tulis atau peralatan rumah tangga. Juga sebagai bahan baku berbagai jenis kerajinan yang bernilai ekonomi.

Pohon ini mudah ditemui di daerah China, Benua India, Asia Tenggara, hingga Australia. Di Indonesia tanaman ini cukup banyak ditemukan di pulau Sumatera dan Jawa karena mudah tumbuh dan dibudidayakan.

Mitos yang beredar mengatakan pohon pule merupakan pohon angker, dab bisa mengobati kesurupan serta menjadi tempat raja jin. Namun, hal tersebut hanyalah mitos yang belum memiliki bukti.

Pohon pule sendiri dibudidayakan karena merupakan tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi masalah usus, seperti sakit perut, diare kronis, disentri lanjut, mengobati sakit gigi dan gigitan ular.

Kulit kayu pule dapat digunakan untuk mengobati malaria, asma, penyakit kulit, epilepsi dan hipertensi. Getah dari batang pulai dapat digunakan untuk mengobati sariawan dan keseleo. Kayu pulai dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan batang pensil, topeng dan kerajinan kayu lainnya.

Bagi yang tertarik ingin membudidayakan pohon pule, berikut ini cara menanam pohon pule dari biji.

– Siapkan biji atau benih pule yang bisa dibeli di pasaran atau di toko benih tanaman. Selain itu, bisa juga mengambil sendiri biji pule dari buahnya.

– Siapkan media tanam yaitu tanah yang dicampur dengan sekam. Basahi media tanam kemudian taruh biji pulai di atas tanah. Taburkan tanah di atas biji secara perlahan hingga biji tertutup oleh tanah.

– Menunggu biji berkecambah, umumnya membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

– Pindahkan benih ke media tanam yang lebih besar. Siapkan polybag yang telah berisi tanah, sekam, serta kompos, kemudian tanam benih pule ke polybag.

Pohon pulai tergolong tanaman yang tumbuh cepat dan akan tumbuh sekitar 120 cm selama tiga bulan. Pastikan tanaman terkena sinar matahari yang cukup selama lima jam sehari. (Dw.foto.dok.Jogjaprov)

Related posts