Demi Pengelolaan Keuangan OPD Yang Baik, BPKAD Haltim Gelar Bimtek

Penulis: Riftan | Editor: Lina F | Foto: Riftan

Haltim, GPriority.co.id – Demi meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dalam pengelolaan keuangan di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek yang dilakukan itu, difokuskan pada peran Kasubag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran OPD, dalam proses Akuntansi dan penatausahaan serta pelaporan Keuangan dengan menggunakan aplikasi FMIS. Kepala BPKAD Haltim Joko Lelono Ridwan melalui Sekretaris BPKAD Abadi Dauda dalam sambutan mengatakan, dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan di tingkat OPD, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur telah menyelenggarakan bimbingan teknis ini. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kompetensi para bendahara pengeluaran dan kasubag keuangan dalam hal sistem akuntansi dan penatausahaan serta pelaporan keuangan pemerintah daerah,” katanya Jumat (11/8).

Lanjutnya, sistim akuntansi, penatausahaan, dan pelaporan keuangan yang baik adalah hal yang sangat penting dalam menjaga keuangan pemerintah agar terkelola dengan baik dan transparan. “Dalam era otonomi daerah yang semakin kompleks ini, tantangan dan dinamika yang dihadapi semakin beragam. Oleh karena itu, kemampuan dan keterampilan dalam bidang keuangan harus terus ditingkatkan untuk menjawab tuntutan dan kebutuhan zaman,” tuturnya.

Era digitalisasi seperti sekarang, pemanfaatan aplikasi SIMDA generasi terbaru FMIS merupakan langkah cerdas dalam menjalankan tugas kita. Dengan adanya aplikasi ini, akan ada banyak keuntungan yang kita dapatkan. Salah satunya, aplikasi SIMDA FMIS juga membantu kita dalam menyusun laporan keuangan yang akuntabel dan sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam mengelola keuangan pemerintah daerah, transparansi dan akuntabilitas sangatlah penting. Dengan aplikasi ini, kita dapat secara mudah menyusun laporan keuangan yang akan menjadi acuan dalam pengambilan keputusan dan pertanggungjawaban.

“Oleh karena itu tugas dan tanggung jawab sebagai Kasubag Keuangan OPD dan Bendahara Pengeluaran memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja keuangan daerah serta citra pemerintah daerah. Sehingga keberhasilan dalam tugas, tidak hanya mencerminkan kemampuan individu, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan Kabupaten Halmahera Timur secara keseluruhan,” jelasnya.

Dirinya pun berharap, melalui Bimtek ini peserta dapat mengasah keterampilan teknis dan pengetahuan dalam menggunakan aplikasi SIMDA generasi terbaru FMIS. “Peserta mampu mengoptimalkan peran dan tanggung jawabnya dalam mengelola keuangan di OPD masing-masing,” Harapnya.

Perlu diketahui, kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh para Kasubag Keuangan beserta Bendahara Pengeluaran OPD se Kabuaten Halamhera Timur.