Dr. Ni Ken Ritchie : Anti Bodi Tetap Terbentuk Walau Mendonor Konvalesen

Jakarta,Gpriority-Saat ini, ketersediaan stok plasma konvalesen di DKI Jakarta kembali menipis seiring melonjaknya kasus positif Covid-19 di Ibu Kota.Untuk itu, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengajak para penyintas Covid-19 untuk mendonasikan plasma konvalesen guna menekan kematian akibat penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini. Lantas apa keuntungan bagi pendonor? Berikut petikan wawancara dengan dr. Ni Ken Ritchie, M.Biomed,Kepala Unit Donor Darah PMI Provinsi DKI Jakarta, melalui WhatsApp Minggu (27/6/2021).

GP.Apa itu donor darah plasma konvaselen?

dr Ni Ken:Donor darah plasma atau cairan darah yang disumbangkan oleh penyintas Covid-19.

GP: Apa beda donor darah plasma konvaselen dengan donor darah biasanya?

dr Ni Ken: Donor darah biasa menyumbangkan seluruh darahnya tetapi donor plasma hanya plasmanya yang diberikan kepada pasien Covid-19.

GP: Apa yang melatarbelakangi metode ini diterapkan?

dr Ni Ken: Secara metode, terapi plasma konvalesen atau TPK ini sebenarnya merupakan metode yang telah digunakan dalam dunia dan ilmu kesehatan sejak 100 tahun lalu. Awalnya, metode ini digunakan untuk menyembuhkan pasien dan menurunkan angka kematian pada saat pendemi flu spanyol mewabah di Amerika Serikat pada tahun 1918-1925 lalu, kemudian kembali digunakan sebagai antivirus mengatasi H5N1 (flu burung), SARS dan Mers. Namun, untuk mengatasi SARS Cov-2 atau Covid-19 baru dilakukan saat ini. Jadi ilmu atau metode ini memang sudah ada, namun karena hasil elaborasi pembelajaran dan kajian penelitian saya lakukan bersama tim, maka kami putuskan untuk diterapkan pada pasien covid-19, dan kini hasilnya efektif.

GP: Kenapa pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 perlu donor darah plasma konvaselen?

dr Ni Ken: Pasien covid-19 memerlukan antibodi untuk melawan virus dan antibodi tersebut bisa didapatkan dari plasma penyintas Covid-19 karena penyintas pernah terpapar virus dan telah membentuk antibodi thd virus.

GP.Apa manfaatnya bagi pendonor dan yang didonorkan?

dr Ni Ken: Manfaatnya bagi pendonor akan terjaga antibodinya (tidak cepat turun) dan kesehatannya menjadi lebih bugar.Manfaat bagi pasien diharapkan dapat membantu proses melawan virus pada tubuh pasien.

GP:Apa syarat untuk melakukan donor darah plasma konvaselen?

dr.Ni Ken: Syaratnya pernah terkonfirmasi positif covid-19 (ada hasil swab positif) dan telah sembuh (ada hasil swab negatif atau surat keterangan dari fasilitas kesehatan).(Hs.Foto.dok.Pribadi)

Related posts