Ketua DPRD Mahulu Apresiasi Gelaran Expo Hasil Tani dan Produk Unggulan UMKM 2023

Penulis: Dimas A Putra | Editor: Lina F | Foto: dprd.mahakamulukab.go.is

Jakarta, GPriority.co.id – Ketua DPRD Mahakam Ulu (Mahulu), Novita Bulan S.E., M.B.A., mengapresiasi gelaran Expo Hasil Usaha Tani Padi Lahan Kering 10 Hektar Dan Produk Unggulan Kampung Se-Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2023 yang berlangsung di Alun-alun Ujoh Bilang, Mahulu, pada Senin (14/8).

“Jadi expo hasil usaha tani padi lahan kering 10 hektar tahun ini saya liat luar biasa, kita dari DPRD mengapresiasi usaha yang dilakukan DPMK untuk meningkatkan produk-produk unggulan dan daya saing yang dimiliki oleh kampung-kampung yang ada di Mahulu semoga untuk kedepannya lebih maksimal lagi dilaksanakan” ucap Novita dalam keterangan resminya, dikutip, Rabu (16/8).

Novita mengatakan, sebagai mitra pemerintah, DPRD Mahulu hadir pada gelaran Expo tersebut sebagai upaya bentuk dukungan kepada Pemerintah melalui program-program peningkatan hasil usaha tani yang diimplementasikan di seluruh kampung.

Sementara itu, Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E menyapaikan bahwa, program yang telah diberikan Pemerintah jika dilihat dari hasil panen padi yang mencapai 41.295 kg.

Menurutnya, hasil tersebut masih belum maksimal untuk mengupayakan Kabupaten Mahulu menuju swasembada beras yang berkelanjutan.

“Jadi jika kita melihat dari hasil panen padi yang sebesar 41.295 kg itu, sesungguhnya telah cukup untuk mewujudkan swasembada beras, tetapi untuk keberlanjutannya hal tersebut belumlah cukup. Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh petinggi dan petani di seluruh kabupaten mahulu, untuk benar-benar menggunakan program peningkatan ini dengan maksimal” ujarnya.

Perlu diketahui, gelaran Expo, yang Bertemakan, “Memberdayakan Kampung dalam rangka membangun ketahanan pangan dikabupaten mahulu melalui lahan pemerintah kampung 10 Hektar” merupakan bagian dari implementasi pemerintah daerah dalam mewujudkan usaha untuk mencukupi kebutuhan pangan dikabupaten mahulu.

Dan melihat dari hal tersebut, sesungguhnya DPRD Mahulu sebagai mitra dari Pemerintah, memiliki harapan agar Pemerintah terus mengupayakan program-program yang tepat bagi masyarakat, khususnya petani yang ada di Mahulu.

Untuk diketahui bersama, dalam gelaran Expo kali ini menampilkan beberapa produk unggulan dari petani dan pengerajin dari mahulu, seperti berbagai jenis beras unggulan, kerajinan pakaian adat, serta berbagai kerajinan tangan dari beberapa kampung yang ada dimahulu.