Liga 1 Digelar 5 Desember, PT LIB Sudah Kantongi Izin dari Kepolisian

Jakarta,GPriority.co.id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mengeluarkan izin untuk penyelenggaraan kompetisi sepakbola Liga 1 Indonesia setelah sempat terhenti sejak tragedi Kanjuruhan.

Berdasarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga, disebutkan bahwa perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga dikeluarkan dari pihak keamanan di level daerah kemudian ke pusat.

Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 rencananya akan dilanjutkan dengan sistem bubble dan berfokus di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang diantaranya Bantul (Stadion Sultan Agung), Sleman (Stadion Maguwoharjo), Magelang (Stadion M. Soebroto), Solo (Stadion Manahan) dan Semarang (Stadion Jatidiri).

“Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1. Terima kasih kepada Mabes Polri, Kemenpora, KemenPUPR, dan Kemenkes atas perhatian dan kerjasamanya selama ini,” kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus dalam keterangan persnya.

Ferry Paulus menambahkan bahwa berdasarkan surat rekomendasi lanjutan putaran pertama tersebut, kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023 akan dimulai pada 5 Desember 2022.

“Putaran pertama akan berakhir pada akhir Desember. Pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion,” jelas Ferry.

Perlu diketahui, kompetisi Liga 1 Indonesia sudah terhenti sejak awal Oktober lalu karena tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa. Oleh karena itu, kabar kembalinya liga bergulir sangat dinantikan pecinta sepakbola Indonesia, tak terkecuali para pemain dan suporter.

Bergulirnya Liga 1 diperlukan kesiapan menyeluruh mulai dari kondisi pemain, lapangan, dan keamanan serta perangkat pertandingan yang mendapat evaluasi penuh sejak tragedi Kanjuruhan. (Hn.)