Mudahnya Budidaya Daun Bawang, Bisa Dilakukan di Rumah

Jakarta, GPriority.co.id – Daun bawang merupakan tanaman sayuran yang masih satu kelompok dengan bawang. Tanaman ini memiliki harum yang khas dan sering kali digunakan untuk tambahan pada mie ayam, sop ayam ataupun daging, soto, dan hidangan lainnya.

Karena kepopulerannya di kalangan masyarakat dan bahan dapur, daun bawang kerapkali ditanam sendiri. Bagi kamu yang ingin memulai budidaya daun bawang juga bisa dilakukan di rumah.

Budidaya daun bawang dengan polybag atau pot menjadi solusi untuk kamu bila tidak memiliki lahan. Berikut tahap awal yang harus kamu lakukan.

1. Perhatikan syarat tumbuh
Daun bawang bisa tumbuh di dataran tinggi dan rendah. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian RI, wilayah yang terlalu dekat dengan pantai tidak cocok untuk budidaya daun bawang. Daun bawang juga bisa tumbuh dicuaca panas.

2. Pemilihan bibit
Bibit bawang daun dapat berasal dari biji atau tunas anakan. Bila menggunakan biji, maka kamu harus menyemainya terlebih dahulu dengan menggunakan polybag. Caranya, siapkan tanah gembur dengan campuran pupuk perbandingannya 1:1.

Lalu sebar biji secara merata, dianjurkan cukup 1-2 biji saja per polybag. Tanam biji dengan kedalaman sekitar 10 cm. Kemudian polybag ditutup dengan karung goni yang dibasahi atau daun pisang.

Siram 2x sehari secukupnya, jangan sampai menggenang. Apabila telah tumbuh daun 2-3 lembar, maka bibit bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar.

3. Penanaman
Bibit yang sudah berusia 2 bulan ideal untuk dipindahkan lahan atau media pot. Sebelum dipindahkan, bibit dicabut dengan hati-hati, lalu dipotong sebagian akar dan daun. Rendam bibit dalam fungisida dengan konsentrasi rendah (30%-50% dari dosis yang dianjurkan) selama 10-15 menit. Setelah itu baru tanam bibit dalam lubang yang telah disediakan dan padatkan dengan tanah. Letakan di daerah yang terkena sinar matahari langsung.

4. Pemeliharaan
Lakukan penyiraman secara rutin (2 – 3 kali sehari). Namun hal ini perlu disesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika terlalu basah hingga air menggenang, maka akan menyebabkan akar daun bawang jadi busuk.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk, kamu bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemupukan pertama dilakukan saat daun bawang berumur kurang lebih 2 bulan setelah ditanam.

5. Panen
Masa panen daun bawang berumur 2,5 bulan setelah tanam (bukan saat sejak disemai). Jumlah anakan maksimal (7-10 anakan).

6. Pasca Panen
Daun bawang yang sudah dipanen dapat dicuci dengan air bersih dan mengalir atau disemprot, setelah itu tiriskan. Ikat dengan tali rafia pada bagian batang dan juga daun.

Itulah tahapan budidaya daun bawang yang dapat kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba. (Gs)

Related posts