Pecinta Hiking Wajib Coba! Pesona Alam Bukit Pinteir di Bangka Belitung

Penulis: Dimas A. Putra| Editor: Lina F | Foto: Istimewa

Jakarta, GPriority.co.id – Bagi kamu pencinta hiking, wajib coba salah satu wisata alam yang satu ini.

Yap, Bukit Pinteir menjadi salah satu destinasi wisata berbasis alam yang terletak Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Tepatnya di kelurahan dul, Bangka Tengah. Bukit pinteir cocok sebagai lokasi hiking, berkemah(camping ground ) maupun olahraga sepeda gunung (mountain bike).

Dilansir melalui Bukitpinteir.com, secara geografis, Bukit pinteir berada di perbatasan kabupaten Bangka tengah dan Kota Pangkalpinang. Kawasan ini bisa ditempuh sekitar 10 menit perjalanan dari Bandara Depati Amir. Terpaut sekitar tiga kilometer(km) dari bukit pinteir terdapat banyak hotel, diantaranya ada novotel, santika, dan lain-lain.

Dalam bahasa Bangka Bukit pinteir diiartikan sebagai bukit yang melintir atau melipir. Maksudnya secara tofografi perbukitan ini berada pada posisi melingkar dengan gugusan utamanya perbukitan Mangkol.

Selain itu, kawasan ini bagian dari Taman hutan Rakyat (Tahura), sehingga di perbolehkan untuk dikelola menjadi kawasan wisata atau Agrowisata. Bukit Pinteir mempunyai lintasan berupa jalan setapak sepanjang 1,6 Km dan mempunyai ketinggian bukit sekitar 300 mdpl.

Adapun, Bukit Pinteir Terbagi dalam empat pos yang masing-masingnya sudah dilengkapi gazebo sebagai tempat istirahat. Kawasan yang dibuka meliputi lahan seluas 5 hektar meliputi ladang masyarakat sebagai bagian wisata Bukit pinteir. Tanaman yang dibudi dayakan, antara lain durian, jeruk, anggur, markisa, pohon aren, jahe merah dan lada.