Presiden Jokowi Resmi Menandatangani UU Tentang Provinsi DKJ, Ini Isinya

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024, yang berisi tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara RI, UU ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada Kamis (25/4) lalu.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 ini berisi tentang susunan pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ), setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota dari Indonesia. Lebih lanjut, Penyelenggara Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Jakarta akan terdiri dari Gubernur dan DPRD yang dibantu oleh perangkat daerah.

Berikut ini isi dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024, tentang Provinsi DKJ (Daerah Khusus Jakarta).

Pasal 10 Ayat 1-4 :
1) “Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta dipimpin oleh satu orang Gubernur dibantu oleh satu orang Wakil Gubernur yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.”
2) “Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen) ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.”
3) “Tetapi, jika dalam Pilkada tidak ada pasangan yang memperoleh suara lebih 50 persen, maka diadakan pemilihan putaran kedua yang akan diikuti oleh pasangan calon dengan perolehan suara terbanyak pertama dan kedua, pada putaran pertama.”
4) “Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur adalah lima tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Seorang Gubernur dapat maju dalam Pilkada kembali dalam masa jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan.”

Selain Kepala Daerah, penyelenggara pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta juga dijalankan oleh DPRD.

Pasal 11 Ayat 1-3 :
1) “DPRD memiliki fungsi pembentukan Peraturan Daerah dan peraturan lainnya sesuai dengan kewenangan, anggaran, dan pengawasan.”
2) “Tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”
3) “Jumlah anggota DPRD diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Foto : Nusantara News