PUPR Perkenalkan Teknologi Peredam Gempa pada Jembatan

Jakarta,Gpriority-Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pengguna jalan saat melintasi jembatan, Kementerian PUPR di dalam laman resminya pada Selasa (28/9/2021)  memperkenalkan teknologi peredam gempa pada jembatan.

Teknologinya bernama Lead Rubber Bearing (LBR).LBR merupakan bantalan jembatan berinti timbal yang dapat membuat struktur jembatan menjadi lebih baik dalam meredam getaran saat gempa terjadi.

“Penggunaan LRB  telah diatur dalam spesifikasi khusus interim Bina Marga No.Skh-1.7.47 tahun 2021 tentang isolator gempa menggunakan bantalan karet inti timbal untuk jembatan,” jelas laman tersebut.

Tidak hanya meredam getaran saat terjadi gempa, LRB juga berfungsi untuk memperpanjang periode alami jembatan dan mengurangi kekuatan horizontal yang diakibatkan oleh berat struktur,LRB juga menjadi pedoman desain struktur bawah yang ekonomis.

“Jika ditanya kenapa menggunakan LRB? Karena selain memiliki beragam fungsi, penggantian bearing LRB relatif lebih mudah dan ekonomis karena tersedia di dalam negeri,” tutup laman tersebut.(Hs.Foto.Humas PUPR)

 

Related posts