Siap Diresmikan, Starlink Mudahkan Komunikasi di Daerah Terpencil

Jakarta, GPriority.co.id – Layanan Starlink milik Space-X siap diresmikan di Indonesia. Peresmian itu dilakukan Presiden Jokowi bersama Elon Musk di sela-sela perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Diklaim jaringan berbasis satelit ini dapat memudahkan komunikasi di daerah terpencil.

“Elon Musk akan meresmikan bersama Presiden Starlink untuk mempermudah komunikasi di daerah terpencil. Ini akan dilakukan pada hari Minggu (19/5),” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai mengutip Antara di Jakarta, Selasa (14/5).

Perlu diketahui, Starlink merupakan salah satu provider milik Space-X dengan menyediakan jaringan berbasis satelit.

Dengan memanfaatkan satelit, Starlink dipercaya mampu memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi termasuk di seluruh wilayah Indonesia. Berikut kelebihan dan kekurangan Starlink yang dilansir Tempo.

1. Jangkauan Luas

Kelebihan pertama Starlink adalah memiliki jangkauan yang luas karena menggunakan satelit di luar angkasa.Hal ini memungkinkannya untuk menyediakan jaringan di seluruh wilayah, bahkan pulau-pulau terpencil sekalipun.

Bagi Anda yang mencari provider yang bisa menjangkau seluruh daerah, Starlink dapat menjadi salah satu pilihan.

2. Kecepatan Tinggi

Selain aksesnya yang luas, Starlink juga mempunyai kecepatan jaringan yang tinggi dengan memanfaatkan satelit di orbit rendah bumi.

Anda tidak perlu khawatir, provider ini akan lambat karena telah didesain untuk menyediakan jaringan dengan kecepatan tinggi.

Sangat cocok jika Anda membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan hingga hiburan.

3. Tahan dan Stabil

Satu lagi keunggulan Starlink adalah tahan dan stabil. Hal ini karena Starlink menggunakan satelit yang mengorbit di luar angka sehingga kinerja lebih stabil dibandingkan provider lainnya.

Kekurangan Starlink

Meski memiliki beberapa kelebihan, Starlink juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya sebagai berikut.

1. Harga Mahal

Karena menyediakan layanan internet dengan kecepatan tinggi dan jaringan satelit yang diorbit dari luar angkasa, maka tak heran jika Starlink dibandrol dengan harga tinggi.

Biaya langganan dan peralatannya yang cukup mahal, bisa saja menjadi pertimbangan besar sebelum menggunakan provider tersebut.

2. Keterbatasan Kapasitas

Meski dapat menjangkau semua daerah, kapasitas satelit Starlink cukup terbatas. Akibatnya, jika banyak orang yang menggunakan jaringannya dalam waktu bersamaan, kecepatan dan kualitas sinyalnya akan menurun.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum menggunakannya, terlebih jika jaringannya akan dipakai oleh banyak orang.

3. Masalah Lingkungan

Jika banyak satelit yang diluncurkan ke luar angkasa dikhawatirkan hal tersebut akan menyebabkan polusi ruang angkasa hingga resiko tabrakan dengan sampah antariksa.

Hal ini menjadi salah satu perhatian sebagian orang karena peluncuran satelit yang bersamaan, tentu akan menimbulkan dampak lingkungan.

Foto: instagram @world_wireless