Tanpa Jeda, Fakfak Raih WTP ke-8 Kalinya

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : Jaju/Prokopim Fakfak

Manokwari, GPriority.co.id-Bertempat di Ruang Auditorium BPK Perwakilan Papua Barat, Manokwari, Pemerintah Kabupaten Fakfak pada Rabu (17/5) kembali meraih Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas keberhasilan dalam Hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun anggaran 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Papua Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Papua Barat Patrice Lumumba Sihombing kepada Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Wakil Ketua DPRD Fakfak Iskandar Tassa.

“Pemerintah Kabupaten Fakfak memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian, kami mengucapkan selamat dan ini adalah WTP kedelapan kali diterima Pemkab Fakfak,”Kata Patrice saat memberikan sambutan.

Dikatakan Kepala BPK Perwakilan Papua Barat bahwa pelaksanaan pemeriksaan dan penyerahan ini merupakan kegiatan kontitusuonal dan sebagai bentuk pelaksanaan keuangan negara dan pemberdaharaan yang merupakan bagian kontitusional badan periksaan keuangan daerah.

“Periksa atas laporan keuangan atas opini ini merupakan pernyataan Nasional Kriteria penerapan standar akuntansi Pemerintahan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan. Berdasarkan hasil pemeriksaan semua sangat baik, dan juga selamat kepada 5 Pemerintah Daerah atas mempertahankan keuangan daerah dan sudah memberikan perhatiannya,”Ujarnya.

Sementara itu, Dalam Sambutannya Bupati Fakfak Untung Tamsil yang mewakili Pemerintah dan para Bupati se-Papua Barat mengajak semuanya untuk tetap mendukung Pemerintah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah.

“Tentunya perlu kita melakukan koordinasi selalu dengan BPK, karena kita diperhadapkan dengan regulasi-regulasi yang terbaru dalam pengelolaan keuangan daerah kita,”Kata Bupati Untung Tamsil.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Tim Audit Pemeriksaan Keuangan BPK RI Perwakilan Papua Barat atas audit dan evaluasi yang sudah dilakukan terhadap Laporan Hasil Pemerintah (LHP) Pengelolaan keuangan daerah Pemkab Fakfak,”Ucapnya.

Kemudian, Bupati Untung Tamsil mengucapkan terimakasih kepada para Pimpinan dan Anggota DPRD, Inspektorat, Distrik yang telah melaksanakan pengelolaan keuangan dengan baik dan akuntabel serta transparan dalam proses pembangunan manajemen Pemerintahan Daerah.

Turut mendampingi Bupati Fakfak, Sekda Fakfak Ali Baham Temongmere, Kepala BPKAD Tajudin Lajahalia dan Inspektur Inspektorat Sulaiman Uswanas.

Selain Bupati Fakfak, Terlihat hadir Bupati Kaimana Freddy Thie, Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw, Bupati Pergunungan Arfak Yosias Saroy dan Bupati Manokwari Hermus Indou.