Tips Mudah Menyendawakan Bayi

Menyendawakan bayi dilakukan agar bayi merasakan lega dan tidak mengalami kembung, gumoh, hingga kolik setelah menyusu. Beberapa posisi menyendawakan bayi bisa dicoba. Gunakan posisi yang paling nyaman untuk ibu dan si kecil. Pastikan badan bayi lurus, tidak meringkuk atau membungkuk agar udara mudah keluar.

Sendawakan bayi bila ia merasa tidak nyaman selama atau setelah menyusu. Sendawakan selama 1-2 menit. Jika lewat dari 2 menit bayi belum sendawa, maka tidak perlu dilanjutkan. Namun bila sei kecil masih rewel, bisa coba sendawakan bayi dengan posisi yang lain. Berikut beberapa posisi menyendawakan bayi yang benar:

1.Posisi Shoulder Lap (Gendong tegak)
Ibu bisa berdiri atau duduk dengan tegak kemudian gendong si kecil menghadap ibu. Posisi dagu si kecil di atas pundakibu dan topang badannya dari bawah dengan salah satu tangan. Lalu gunakan tangan ibu yang satunya lagi untuk mengusap atau menepuk punggung si kecil secara pelan dan lembut.

2.Posisi Duduk
Dudukkan si kecil di atas pangkuan ibu. Topang badannya dengan memegang dagu dan menyangga dadanya dengan pangkal telapak tangan ibu. Pastikan memegang dagu bayi, bukan memegang lehernya. Lalu tangan ibu yang satunya lagi menepuk lembut atau usap perlahan punggung si kecil.

3.Posisi Tengkurap
Posisikan bayi di pangkuan atau lengan ibu dengan posisi tengkurap. Sangga kepala bayi dan pastikan lebih tinggi dari dadanya. Lalu tepuk atau usap punggung bayi dengan lembut. (VIA)

Related posts