5.150 Pelaku UMKM Banyuwangi Telah Memiliki Sertifikat Halal

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Kemenag.go.id

Jakarta, Gpriority.co.id— Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) mengapresiasi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Apresiasi ini merupakan bentuk di mana pelaku UMKM sebanyak 5.150 telah memiliki sertifikat halal.

Kepala Pusat Kerja Sama dan Standarisasi Halal BPJPH Abdul Syakur mengatakan, capain ini patut dicontoh oleh daerah lain.

“Di Banyuwangi sudah ada ribuan pelaku UMK tersertifikasi halal self declare. Ini bisa menjadi daerah percontohan di Indonesia, dalam percepatan sertifikasi halal,” kata Abdul Syakur saat menghadiri sosialisasi Akselerasi 1.000 Sertifikat Halal bagi Pelaku UMK di Banyiwangi, Sabtu (19/8).

Sebagaimana yang dikutip di Kemenag.go.id, ia juga mengapresiasi langkah kolaboratif berbagai stakeholder di Banyuwangi guna mempercepat sertifikasi halal.

“Misalnya sosialisasi ini, yang dilakukan BPJPH bersama Kemenkop UKM dan Pemda Banyuwangi. Ini bentuk langkah bersama untuk mendorong lebih banyak pelaku UMK memperoleh kemudahan mengajukan sertifikasi halal,” ujar Abdul Syakur.