5 Manfaat Makan Pepaya saat Perut Kosong, Camilan Sehat untuk Berbuka Puasa

Jakarta, GPriority.co.id – Pepaya merupakan salah satu buah yang terkenal sehat dan bergizi. Buah ini mengandung zat antioksidan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K.

Oleh karena itu, buah segudang manfaat ini juga seringkali dijadikan cemilan sehat. Khususnya saat ini, untuk pilihan dalam berbuka puasa.

Karena kandungannya yang aman dan sehat, buah yang identik dengan warna orange ini juga bisa dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Ternyata, pepaya punya manfaat yang sangat baik untuk tubuh, lho! Ini dia penjelasan singkatnya.

1. Meningkatkan penyerapan makanan

Pepaya adalah salah satu buah yang sering digunakan untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena memakan buah pepaya, memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan makanan. Enzim papain pada pepaya membantu memecah protein dan menurunkan kemungkinan untuk terjadinya gangguan pencernaan.

2. Bermanfaat untuk anti-penuaan

Asam alfa-hidroksi (AHA) yang terkandung dalam pepaya, mampu membuat kulit nampak lebih cerah dan halus. Makanlah buah pepaya sesering mungkin untuk menghidrasi kulit. Hal ini karena buah pepaya mengandung natrium yang rendah.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Keseringan makan gorengan saat berbuka puasa? Coba imbangi dengan memakan buah pepaya, ya! Pepaya mengandung serat yang membantu menghilangkan lipoprotein densitas rendah dari tubuh.

4. Dapat mengontrol siklus menstruasi yang tidak teratur

Pepaya adalah buah yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat meringankan kram perut saat menstruasi, yang menyakitkan. Karoten dalam pepaya juga mendorong konstraksi rahim dan menginduksi menstruasi. Pepaya juga dapat meningkatkan produksi hormone estrogen.

5. Cocok untuk menurunkan berat badan

Enzim dalam pepaya dapat meningkatkan pencernaan agar dapat bekerja lebih cepat, meredakan sembelit, dan meningkatkan hidrasi. Oleh karenanya, pepaya juga sangat cocok untuk dikonsumsi selama anda diet.

Foto : NDTV