5 Provinsi ini Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Minggu ini


Berdasarkan data Satgas Covid-19 pada Sabtu pagi (5/6/2021), ada 5 Provinsi yang mengalami Lonjakan kasus Covid-19. Adapun Provinsi yang dimaksud adalah Jawa Tengah, Riau, Kepulauan Riau, Aceh dan DKI Jakarta.

1.Jawa Tengah
Berdasarkan situs resmi Satgas Covid-19, peningkatan kasus di Jawa Tengah banyak disumbang oleh Kabupaten Kudus terutama tenaga kesehatan yang bertugas di sana.

Diketahui, kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus melonjak hingga lima kali lipat.Kenaikan kasus tersebut bahkan mencapai 783 kasus pada 26 Mei 2021 lalu.Sehingga, rumah sakit darurat difungsikan untuk menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Kudus, maka hingga 4 Juni 2021, Jawa Tengah mencatat penambahan kasus Covid-19 mencapai 4.824 kasus baru.

2.Riau
Kasus Covid-19 di Riau semakin hari semakin meningkat.Berdasarkan data Satgas Covid-19 hingga Sabtu pagi ini (5/6/2021) jumlah penambahan kasus sebesar 93.294.

Menurut data Satgas Covid-19 Riau penambahan kasus terjadi karena kelalaian warga yang tidak menerapkan Protokol Kesehatan terutama 3 M (Memakai Masker,Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

Guna mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi langsung menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dan menugaskan aparat keamanan untuk berjaga di lingkungan RT dan RW. Tidak hanya itu program vaksinasi di Riau pun terus digencarkan.

3. Kepulauan Riau
Perkembangan kasus virus corona di Provinsi Kepulauan Riau hingga kini masih menunjukkan tren meningkat dalam satu minggu terakhir.Hingga kemarin, Kepri mencatatkan akumulasi positif Corona sebanyak 17.621 orang. Rinciannya, kasus aktif sebanyak 2.665 orang, sembuh 14.563 orang dan meninggal dunia 393 orang.

Menanggapi kasus ini, Kepala Dinkes Kepulauan Muhammad Bisri dikutip suarabatam.id, Sabtu (5/6/2021) menyebut tingginya kasus ini memiliki sisi lain yang cukup bagus.

Ia lantas mengutip pernyataan dari seorang epidemiolog yang menyebut banyaknya kasus positif Covid-19 di suatu komunitas merupakan hal yang bagus.Hal ini lantaran dengan tingginya angka yang terkonfirmasi positif Covid-19 di masyarakat secara langsung dapat menginformasikan permasalahan yang tengah terjadi.”Dari pernyataan ahli, penemuan kasus positif itu malah bagus, justru karena itu kita tahu besarnya masalah. Daripada tampak rendah, tapi nyatanya di tengah masyarakat malah besar,” kata Bisri.

Dengan adanya peningkatan kasus ini maka Pemerintah Provinsi akan segera melakukan tindakan dengan melakukan pengetatan kembali PPKM berskala mikro di seluruh wilayah Kepulauan Riau, melakukan sosialisi dan menggencarkan program vaksinasi.

4.Aceh
Berdasarkan data Satgas Covid-19 hingga Sabtu pagi ini (5/6/2021) jumlah kasus Covid-19 di Aceh mengalami lonjakan sebesar 214 kasus dari 101 kasus yang biasanya terjadi.

Untuk itulah Pemprov Aceh seperti dikatakan Jubir Satgas Covid-19 Saifullah Abdulgani langsung segera mengambil langkah cepat dengan menambah kapasitas ruangan di ruangan isolasi, menambah tempat isolasi mandiri dan melakukan tracing serta melakukan penutupan di tempat wisata.

5.DKI Jakarta

Banyaknya pemudik yang kembali dari kampung halamannya ternyata membawa masalah baru bagi DKI Jakarta yakni kenaikan kasus Covid-19. Berdasarkan data Satgas Covid-19, jumlah penambahan kasus di DKI Jakarta hingga saat ini berjumlah 3.365.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, meski kasus aktif Covid-19 melonjak, lonjakan tersebut tidak separah tahun lalu yang bisa mencapai 30.000-an kasus aktif.

Dia mengatakan, angka lonjakan diyakini bisa kembali ditekan berkat kerja keras para petugas tracing di lapangan untuk melakukan deteksi dini.

“Terutama mendeteksi mereka yang selesai dari bepergian pada libur Lebaran yang lalu,” tutup Widyastuti.(Hs)

 

 

Related posts