6 Cara untuk Membuat Anak Balita Lebih Pintar, Bunda Wajib Tahu!

Jakarta, GPriority.co.id – Tahukah anda bahwa otak anak berkembang lebih cepat saat fase balita, dibandingkan saat ia sudah melewati masa tersebut? Oleh karenanya, momen-momen kecil yang anda habiskan bersama anak balita anda, dapat sangat meningkatkan perkembangan mereka secara keseluruhan, terutama dalam hal belajar berbicara dan berkomunikasi.

Setiap senyuman, pelukan, obrolan, dan permainan dapat membantu anak balita untuk belajar berbicara, mendapatkan kepercayaan diri, dan berteman. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli mainan berharga mahal, kok!

Berikut ini 6 cara sehari-hari yang dapat anda bagikan dengan anak balita anda, untuk membantu memicu perkembangan otaknya.

1. Membaca dongeng sebelum tidur
Membaca memiliki banyak manfaat, antara lain mengajari mereka kata-kata baru, membantu mengembangkan imajinasi, dan memberikan kesempatan untuk banyak bertanya atau bersikap kritis akan segala hal.

2. Bermain game berhitung
Anda bisa meningkatkan keterampilan matematika anak, sedari dini. Dimulai dari game berhitung yang sederhana. Misalnya saja menghitung benda-benda yang berada di sekitar si kecil.

3. Makan sambil belajar hal baru
Waktu makan adalah kesempatan bagus untuk membuat balita mempelajari kata-kata atau hal baru.
Beri mereka pilihan. Misalnya, tanyakan “Kamu mau tomat atau mentimun?” atau bisa juga dengan mendeskripsikan bentuk dan rasa makanan, menggunakan warna atau kata sifat seperti “lembut” dan “bulat”.

4. Bermain air
Kebanyakan anak menyukai cipratan air di bak mandi. Anda bisa menggabungkan permainan air dengan memandikan boneka. Bicarakan dan peragakan tentang apa yang anda ingin agar mereka melakukannya. Misalnya mencuci kaki bonekanya, atau menyikat gigi bonekanya.

5. Berikan sentuhan fisik seperti pelukan
Memeluk tidak hanya membantu anak anda merasa aman dan tenteram, tetapi juga baik untuk otaknya. Sentuhan fisik membantu tubuh kita melepaskan oksitosin, atau dikenal sebagai “hormon bahagia”. Anda dapat menyanyikan lagu anak-anak sambil memeluk anak anda, atau membaca buku.

6. Bermain peran
Bermain peran dengan berpura-pura menjadi dokter atau guru misalnya, dapat membantu mengembangkan pemahaman anak balita anda tentang dunia luar. Cara ini juga bisa mengembangkan imajinasi dan tingkat kreatifitas anak balita anda.

Foto : Freepik / BillionPhotos