6 Lomba 17 Agustus yang Sering Diadakan, dari Tarik Tambang Sampai Makan Kerupuk

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Sari

Jakarta, GPriority.co.id— Tanggal 17 Agustus dianggap sebagai tanggal Hari Kemrdekaan Indonesia. Sebagai hari untuk memperingati dan menghormati jasa para pahlawan, Hari Kemerdekaan juga sering mengadakan lomba di tiap komplek perumahan.

Tentu ada macam-macam lomba yang sering diikuti, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Simak enam lomba 17 Agustus yang sering diadakan.

Balap karung

Lomba pertama datang dari balap karung, di mana para peserta berlari dengan cara melompat dengan menggunakan karung. Aturan permainannya sederhana, para peserta diminta untuk memasukkan kedua kakinya ke dalam karung dan berlompat sampai ke garis finish.

Tarik tambang

Lomba tarik tambang juga sering dimainkan oleh kaum remaja sampai dewasa. Cara memainkannya adalah dengan mengandalkan kekuatan antar kelompok, yang terdiri dari 5 orang atau lebih.

Permainan ini tentu memiliki arti, salah satunya menjaga kekompakan untuk memenangkan lomba tersebut.

Balap bakiak

Lomba bakiak juga sering diadakan di tanggal 17 Agustus. Dalam lomba ini, tiap peserta akan memakai bakiak panjang yang bisa digunakan oleh 3 orang maupun 5 orang sekaligus.

Setiap peserta harus berjalan bersama serta menjaga keseimbangan agar tidak jatuh sampai ke garis akhir.

Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk memang menjadi identik lombanya 17 Agustus. Biasanya, lomba ini sering diikuti oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Para peserta diminta untuk menghabiskan kerupuk yang digantung di tali dengan ketinggian tertentu. Tentu ada tantangannya, salah satunya tidak boleh memakai tangan. Hanya mengandalkan mulut.

Panjat pinang

Lomba yang paling ikonik dari 17 Agustus adalah lomba panjat pinang. Ini menjadi hal yang paling ditunggu karena pesertanya akan mendapatkan hadiah yang besar. Cara bermainnya cukup mudah, peserta diminta untuk memanjat pinang yang sudah dilumuri oli untuk mendapatkan hadiah yang digantung di atas puncak pinang.

Gebuk bantal

Melansir dari Indonesia Kaya, lomba gebuk bantal juga identik lombanya 17 Agustus. Di mana dua orang peserta saling duduk di sebatang bambu lalu menggebuk lawannya dengan bantal.

Mindahkan belut

Lomba memindahkan belut terbilang unik dan lucu. Sesuai namanya, para peserta yang mengikuti lomba ini diharuskan memindahkan belut dari satu wadah ke wadah lainnya dalam waktu tertentu.

Belut memang punya kulit yang licin, sehingga sangat sulit dipegang. Tapi itulah tantangannya.