60 Jadwal Kereta Tambahan Untuk Antisipasi Kepadatan

Jakarta,gpriority-Guna mengantisipasi kepadatan penumpang, mulai Kamis sore (4/6/2020) PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menjalankan enam puluh jadwal kereta tambahan.

” Penambahan jadwal ini melihat kecenderungan dalam tiga hari terakhir terdapat peningkatan jumlah pengguna sekitar 10 – 13% dibanding pertengahan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Bila sebelumnya PT KCI melayani 200 ribu – 220 ribu pengguna, pada tiga hari terakhir jumlahnya mencapai 240 ribu hingga 260 ribu pengguna,”VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam siaran persnya yang dikirim pada Jum’at (5/6/2020).

Lebih lanjut dikatakan Anne, jadwal kereta tambahan akan hadir untuk melayani para pengguna di jam sibuk yakni sore hari, mengingat bertambahnya masyarakat yang sudah kembali beraktifitas.

“Jadwal kereta-kereta tambahan ini akan diumumkan di stasiun-stasiun sehingga tidak perlu khawatir dapat tertinggal kereta dan tidak perlu memaksa masuk ke kereta yang telah penuh sesuai kapasitas. Meskipun demikian, pintu stasiun akan tetap ditutup mulai pukul 18:00 WIB sejalan dengan aturan PSBB DKI Jakarta yang hari ini masih berlaku,” jelas Anne.

Anne juga mengatakan jadwal kereta tambahan ini merupakan bentuk antisipasi agar pengguna KRL tidak terkonsentrasi hanya pada jadwal-jadwal terakhir dari kereta tambahan.

Jadwal kereta tambahan akan melayani stasiun-stasiun di wilayah Jakarta ke seluruh tujuan (Bogor/Nambo, Bekasi/Cikarang, Tangerang, Serpong/ Parung Panjang/ Maja/ Rangkasbitung).

Dengan adanya jadwal kereta-kereta tambahan, KCI berharap para pengguna tidak perlu berdesakan dan memaksa masuk ke dalam KRL yang sudah sesuai batas kapasitasnya. Para pengguna dapat menunggu kereta selanjutnya yang lebih memungkinkan untuk menjaga jarak.

Anne menjelaskan hadirnya kereta tambahan hari ini merupakan salah satu kebijakan bertahap menyesuaikan dengan PSBB masa transisi maupun akhir dari masa PSBB yang telah diumumkan oleh sejumlah pemerintah daerah. Meskipun demikian, PT KCI akan terus menerapkan protokol kesehatan yaitu pengguna wajib menggunakan masker, mengikuti pengukuran suhu tubuh, serta sangat dianjurkan untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah naik KRL.

Anne menambahkan, mulai 8 Juni 2020 PT KCI juga akan memberlakukan aturan tambahan yaitu pengguna dilarang berbicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam KRL; balita untuk sementara dilarang naik KRL; calon pengguna yang membawa barang untuk berdagang di tujuannya dapat menggunakan kereta-kereta jadwal pemberangkatan pertama dan mulai pukul 10:00 – 14:00; serta pengguna lansia hanya dapat menggunakan KRL pada pukul 10:00 – 14:00 . (Hs)

Related posts